Kodim 0816 Launching Sidoarjo SIAP 24 Jam Tahap VII TA 2024

Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo saat membacakan amanat dari Plt Bupati Sidoarjo


Jawapes, SIDOARJO - Kodim 0816/Sidoarjo menggelar Sidoarjo Siap 24 Jam tahap VII bertemakan 'Guyub Rukun Agawe Santoso Manunggal Sawijine Ayem Tentrem', Rabu (10/7/2024) di halaman Makodim 0816/Sidoarjo ditandai dengan pelepasan burung Merpati.


Hadir dalam kegiatan, Sekda dr. Fenny Apridawati mewakili Plt Bupati Sidoarjo, Kadishub Benny Airlangga, Camat dan Kades se-Kabupaten Sidoarjo dan tamu undangan lain.


Mengawali sambutan, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo membacakan amanat dari Plt Bupati Sidoarjo H. Subandi, SH, M.Kn yang terlebih dahulu memanjatkan Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas limpahan rahmat dan ridho-Nya, sampai saat ini kita masih diberikan keselamatan, kesehatan lahir dan batin sehingga siang ini, kita dapat melaksanakan kegiatan Launching Sidoarjo SIAP 24 Jam tahap VII TA 2024, dalam keadaan sehat wal’afiat dengan suasana penuh kebersamaan.


Penandatanganan launching Sidoarjo SIAP 2024

Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada Kodim 0816/Sidoarjo, yang telah menginisiasi kegiatan Sidoarjo Semangat, Inovasi, Aman dan Peduli 24 Jam, yang selanjutnya disingkat Sidoarjo SIAP 24 Jam dengan berkomitmen menjadikan Kabupaten Sidoarjo yang bersemangat dalam pembangunan, inovatif, peduli dan aman.

Semoga program Sidoarjo SIAP 24 Jam yang mengambil tema 'Guyub Rukun Agawe Santoso Manunggal Sawijine Ayem Tentrem' diharapkan mampu mewujudkan kerukunan dan kebersamaan untuk terciptanya keamanan, kesejahteraan dan terwujudnya kondisi wilayah yang aman dan nyaman. 


Kegiatan Sidoarjo SIAP 24 Jam yang dilaksanakan oleh Kodim 0816/Sidoarjo bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sidoarjo saat ini memasuki tahap ke-VII. Pada tahap ke-I dimulai tahun 2015 dan diselenggarakan oleh Kodim 0816/Sidoarjo setiap 2 tahun sekali sebagai salah satu kegiatan non program unggulan dalam rangka pembinaan serbuan teritorial.



Adapun tujuan Sidoarjo SIAP 24 Jam ini diantaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sidoarjo di bidang kesehatan melalui kebersihan dan penghijauan lingkungan, peningkatan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan bagi para generasi penerus bangsa serta menciptakan situasi dan kondisi wilayah Kabupaten Sidoarjo yang kondusif, sehat, aman dan nyaman selama 24 Jam. 


Sedangkan untuk kali ini, yang mengikuti upacara adalah mitra-mitra para Babinsa yang disebut dengan Rencang Babinsa. 


Rencang Babinsa memiliki makna sahabat, teman, kawan yang selanjutnya diuraikan menjadi Responsif, Cakap, Andal dan Gesit. Hal ini menjadi suatu kesatuan makna bahwa Babinsa Bersama sahabatnya, kawannya, teman-temanya, yaitu Rencang Babinsa di harapkan dapat dipercaya serta cekatan dalam mengambil keputusan dengan hasil yang terbaik.


Hal ini menurut saya sangat luar biasa, menunjukan bahwa Sidoarjo semakin kondusif apalagi Kab. Sidoarjo dalam waktu dekat ini akan memiliki hajatan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sidoarjo.  



Tentunya saya berharap dengan terbentuknya Rencang Babinsa ini dapat merespon setiap persoalan yang dihadapi dengan kemampuan yang mumpuni dan dapat dipercaya serta cekatan dalam mengambil keputusan dengan hasil yang terbaik, untuk kemajuan pembangunan, kesejahteraan, kenyamanan dan keamanan Kabupaten Sidoarjo selama 24 Jam.


Hal ini tentunya sesuai dengan sasaran yang ingin diharapkan dalam kegiatan Sidoarjo SIAP 24 Jam, yaitu “Noto Roso Among Roso Mijil Tresno Agawe Karyo Kanggo Sidoarjo Kanggo Negoro” yang artinya mari kita bersama mengatur perasaan diri sendiri sebelum berbagai rasa dengan orang lain, sehingga timbul saling menghormati dan timbul rasa kasih yang manusiawi sebagai sendi dasar terciptanya saling pengertian untuk selanjutnya bersama-sama membangun Sidoarjo untuk Bangsa Indonesia yang kita cinta bersama ini.    


Semoga Tuhan Yang Maha Esa, senantiasa melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya kepada kita sekalian, dalam mempersembahkan karya-karya terbaik yang berguna bagi masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai.


Usai kegiatan, dalam wawancaranya, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo menyampaikan bahwa Takeland Sidoarjo SIAP 2024 adalah Babinsa bersama mitra Babinsa yang diberi nama Rencang Babinsa ini diharapkan siapapun yang menjadi sahabat Rencang Babinsa dapat mereponsif.



"Jika ada permasalahan sekecil apapun, akan peduli. Jadi diharapkan Rencang Babinsa ini harus mumpuni dan tidak hanya sekedar yang begitu saja namun harus tanggap," ujarnya.


Sidoarjo SIAP 2024 diharapkan tidak hanya sampai disini saja, tapi untuk waktu yang panjang. Untuk giat Rencang Babinsa bisa meliputi cangkrukan bersama mitra Babinsa, target pemerintah seperti ketahanan pangan yang bisa dilakukan dengan cara cangkrukan bersama petani. Dari situ nanti dapat didengar aspirasi para petani. Mungkin ada kendala di lapangan atau lainnya. Sehingga dapat memberikan solusi terkait apa saja yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi berbagai kendala di lapangan.


Disinggung terkait Pilkada 2024, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Guntung Dwi Prasetyo menyampaikan bahwa dengan adanya Rencang Babinsa yang nantinya dapat menjadi sumber informasi jika ada permasalahan di lapangan. Sehingga kita bisa merespon dengan cepat dan dapat meminimalisir segala potensi konflik di lapangan.


"Berharap dengan adanya Rencang Babinsa, sekecil apapun informasi dapat diterima Babinsa dan akan langsung diinformasikan dengan pihak kepolisian, kejaksaan maupun instansi lain untuk meminimalisir potensi konflik di masyarakat, sehingga Sidoarjo akan aman, nyaman dan tentram," pungkasnya. (Tyaz)



Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama