Bupati Situbondo Buka Kick Off Pelatihan Berbasis Kompetensi, Diikuti Ratusan Peserta

Bupati Situbondo didampingi Wabup dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan membuka resmi kick off pelatihan berbasis kompetensi yang ditandai dengan pemukulan gong

Jawapes, SITUBONDO - Bupati Situbondo Karna Suswandi membuka acara Kick off Pelatihan Berbasis Kompetensi Menuju Situbondo Berjaya-Berkelanjutan yang dilaksanakan selama 16 hari oleh Dinas Ketenagakerjaan, di Pendopo Aryo, Senin (22/4/2024).


Saat diwawancarai awak media usai membuka acara, bupati menyampaikan, pihaknya menyambut baik adanya pelaksanaan acara kick off pelatihan berbasis kompetensi. Sebab, kegiatan ini bukan hanya sekedar pelatihan biasa tetapi menjadikan mereka (peserta) bisa ahli dan berkembang dengan baik. Ia berharap nantinya para peserta yang mengikuti pelatihan bisa menjadi pengusaha muda. Sehingga di Kabupaten Situbondo ke depannya akan banyak pengusaha yang mampu menjadikan dirinya sebagai bos di daerahnya masing-masing.


"Kita akan terus memantau dan diharapkan perkembangan mereka setelah selesai ikuti pelatihan terus dilaporkan melalui Dinas Ketenagakerjaan. Sehingga kalau mereka kekurangan modal, kita sambungkan ke perbankan yang ada," ujarnya.


Sementara itu Kepala Dinas Ketenagakerjaan Situbondo Kholil menjelaskan, dalam pelaksanaan kegiatan kick off tahun ini, Dinas Ketenagakerjaan menyelenggarakan sepuluh paket pelatihan. Pelatihan ini dilaksanakan selama 16 hari dengan sepuluh jenis kompetensi, dan diikuti sebanyak 172 orang peserta. Sebelumnya peserta melalui tahapan wawancara minat bakat.


"Kita akan terus mengawal alumni-alumni peserta pelatihan Dinas Ketenagakerjaan agar bisa berwirausaha," harapnya.


Ditanya soal tujuan dari dilaksanakannya kick off pelatihan, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kholil mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran terbuka karena setiap tahun pencari kerja terus bertambah dari lulusan SMA/SMK sederajat. Oleh karena itu, pihaknya memberikan keterampilan yang memadai dan berkompetensi berdasarkan pasar kerja yang dibutuhkan. Sehingga mereka bisa berwirausaha dan terserap di dunia usaha. (Fno)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama