Ratusan WBP Rutan Situbondo Gunakan Hak Pilih di Pemilu 2024

Karutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan meninjau pelaksanaan pencoblosan Pemilu di TPS loksus 

Jawapes, SITUBONDO - Ratusan warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Kabupaten Situbondo menggunakan hak suaranya dan ikut mencoblos pada Pemilu Tahun 2024, di TPS lokasi khusus 901 yang ada di dalam Rutan setempat, Rabu (14/2/2024).


Dikonfirmasi awak media, Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan menjelaskan, di TPS lokasi khusus (lokasi) ini para pemilihnya adalah WBP atau narapidana yang sedang menjalani pidana di Rutan Situbondo. Perhari ini jumlah pemilih sebanyak 361 orang WBP dan ditambah 36 orang pegawai Rutan. Jadi total jumlah pemilih sebanyak 397 orang. Mereka dipersilahkan mengikuti Pemilu untuk memilih para pemimpin bangsa sesuai dengan isi hati nuraninya masing-masing. Mereka (WBP) mencoblos di TPS satu-persatu dengan kompak menggunakan baju seragam WBP warna biru.


"Yang tidak nyoblos ada 32 orang dan rata-rata mereka adalah tahanan yang baru masuk. Yakni 29 orang tidak terdaftar di DPT manapun, sedangkan 3 orang lainnya sudah terdaftar di DPT Lapas Lumajang, Rutan Kraksaan (Probolinggo) dan Kelurahan Ardirejo (Situbondo). Kami sudah berkoordinasi dan bekerja-sama yang baik dengan stakeholder terkait dalam pelaksanaan Pemilu ini," ujarnya.



Lebih lanjut, Karutan Situbondo menambahkan, sebelumnya KPU sudah memberikan bimbingan teknis kepada petugas Rutan yang ditunjuk sebagai KPPS. Kemudian, KPU juga berkoordinasi terkait data pemilih tetap dan tambahan, serta kegiatan sosialisasi. Jadi step by step tahapan sudah dilaksanakan dengan baik oleh pihak Rutan dan KPU. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama