SMAN Taruna Nala Sekolah Favorit Punya Agenda Unik untuk Taruna-Taruninya

Taruna-taruni SMAN Taruna Nala mendapat arahan dan pembinaan selam dari Diklat AL Pangkoarmatim 2

 

Jawapes, MALANG - SMAN Taruna Nala adalah salah satu sekolah menengah atas negeri berbasis militer kebanggaan Jawa Timur yang terletak di Kabupaten Malang. Kali ini SMAN Taruna Nala perdana punya agenda unik yang menantang bagi taruna taruni didikannya, khususnya bagi siswa-siswi kelas XII.


Sebagai sekolah unggulan terbaik dengan akreditasi A menjadikan SMA Negeri Taruna Nala menjadi sekolah favorit kebanggaan Jawa Timur. Di bawah naungan pendidikan Pemprov Jatim. Sekolah tersebut memliki program dan agenda pendidikan di bawah pengawasan dinas LANTAMAL dan LANAL Jatim.


Salah satu agenda rutin yang nantinya akan di selenggarakan setiap tahunnya di antaranya adalah asesmen sumatif mata pelajaran selam dasar untuk kelas XII selama 2 hari berturut-turut dari tanggal 6-7 Desember 2023 di Pangkoarmatim 2.


Acara yang berlangsung perdana tahun ini sesudah pelaksanaan asesmen sumatif akhir semester (ASAS) tanggal 7 Desember 2023 lalu telah berjalan lancar dan membuat taruna taruni sangat menikmati menyelam di air laut yang sesungguhnya.


Di dampingi oleh pelatih dan pembina dari diklat AL, serta beberapa guru yang di tunjuk dan perawat yang membawa perlengkapan medis guna persiapan untuk taruna taruni. Sehingga membuat taruna taruni semakin berani untuk menyatu dengan alam sekaligus menikmati serunya permainan air yang penuh tantangan dan juga bisa merenggut nyawa bila tidak hati-hati dan tidak mengikuti prosedur yang ada.


Walaupun tampak melelahkan, kegiatan ini mampu menambah pengetahuan dan pengalaman berharga bagi taruna taruni yang selama ini telah belajar banyak secara teori dan praktek langsung di kolam renang yang di sediakan di sekolah. Tetapi dengan terjun langsung di laut menguji nyali keberanian mereka saat menyelam di kedalaman yang sesungguhnya.




Bermalam satu malam di mess Kolat Koarmada 2 menjadi pengalaman tersendiri untuk taruna taruni terkait bagaimana suasana mess di sana sebelum mereka melangkah ke jenjang pendidikan berikutnya tahun depan sesuai cita-cita mereka masing-masing. Apabila mereka beruntung masuk di terima di akademi, maka sudah membiasakan diri terlatih dengan situasi yang ada.


Salah satu perwakilan komite sekolah, TJ mengatakan bahwa giat semacam ini perlu untuk di agendakan setiap tahun agar menjadi pengalaman yang tidak terlupakan untuk taruna taruni hebat penerus, perjuangan bangsa khususnya dalam uji nyali praktek langsung terjun ke laut dengan pengawasan lengkap dari beberapa pihak terkait. Di malam hari, meskipun lelah karena aktifitas seharian yang sangat padat, namun mereka tetap semangat mengikuti acara pembekalan di malam hari. Taruna taruni mendapatkan pembekalan pengalaman dari Letkol Laut Suplai Suwandi yang berbagi pengalaman berharga di kedinasan guna memotivasi taruna taruni agar semangat dalam meraih cita-cita mereka.


"Giat dua hari yang cukup melelahkan namun menyenangkan telah terlampaui dengan lancar dan mereka kembali ke asrama untuk melanjutkan agenda sekolah lainnya sampai penerimaan rapor serentak di tanggal 16 Desember 2023. Kemudian lanjut libur semester hingga Januari 2024," paparnya. (SW)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم