Rakor dan Evaluasi KP3 Situbondo Tahun 2023, Lima Kios Pupuk Ditutup

Jawapes Indonesia
Pelaksanaan giat rakor dan evaluasi KP3 Kabupaten Situbondo


Jawapes, SITUBONDO - Sekdakab Situbondo, Wawan Setiawan pimpin acara rakor dan evaluasi bersama tim Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3), yang terdiri dari Dispertangan, Diskoperindag, Kejaksaan, Polres dan Pengawas Pupuk Indonesia, bertempat di Intelligence Room, kantor pemkab, Kamis (7/12/2023).


Dikonfirmasi awak media disela-sela acara rakor, Wawan Setiawan mengatakan, adanya hasil evaluasi dan verifikasi ke lapangan (kios pupuk) untuk menindak-lanjuti pengaduan masyarakat, maka ini menandakan bahwa peran KP3 di Kabupaten Situbondo berjalan. Kemudian, segala bentuk aktifitas distributor dan kios pupuk yang sekiranya merugikan petani harus ditertibkan. Kalau tidak, maka kebutuhan pupuk di lapangan akan terganggu.


"Dari hasil monitoring oleh tim KP3 tahun ini ada 17 kios pupuk yang diberi surat peringatan (SP) 1 dan 2, serta ada 5 kios yang ditutup diberi SP3. Hal ini menjadi pembelajaran kepada kios-kios lainnya supaya mereka tidak melakukan pelanggaran," tegasnya.


Lebih lanjut menjelaskan, surat peringatan diberikan kepada kios pupuk yang melakukan pelanggaran. Pelanggarannya seperti diduga kios menjual diatas harga eceran tertinggi (HET) dan menjual pupuk bersubsidi di luar petani binaan atau poktan. Tugas KP3 bukan hanya menerima pengaduan dari masyarakat, tetapi juga memberikan informasi dengan melaksanakan kunjungan ke kios maupun distributor.


"Dalam kunjungan tersebut juga dilakukan pembinaan supaya mereka melaksanakan tupoksinya," ujarnya.


Sementara itu, Kepala Dispertangan Kabupaten Situbondo, Dadang Aries Bintoro menerangkan, Dispertangan bersama tim KP3 melaksanakan monev, yaitu bagaimana pupuk bersubsidi ini bisa sampai ke petani dan tidak ada permasalahan. Kemudian bagi kios yang tidak melaksanakan sesuai ketentuan akan dilaksanakan monev, kemudian apabila ada penyimpangan akan dilakukan mekanisme sanksi. Disisi lain, untuk 5 kios yang di SP3 tidak akan diperpanjang SPJB dan ditutup. 


"Tim KP3 bertugas melakukan pengawasan dalam penyaluran pupuk bersubsidi dan pestisida yang tersebar di wilayah Kabupaten Situbondo agar tepat sasaran," pungkasnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama