Peringati Hari AIDS Sedunia 2023, Dinkes Situbondo Berikan Layanan Kesehatan dan Sosialisasi

Petugas kesehatan memberikan layanan pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada masyarakat dalam rangkaian peringatan HAS Tahun 2023
 

Jawapes, SITUBONDO - Dalam rangkaian memperingati Hari AIDS Sedunia Tahun 2023, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Situbondo melaksanakan kegiatan pemeriksaan dan pengobatan gratis untuk masyarakat umum, serta melakukan sosialisasi tentang HIV/AIDS, bertempat Alun-alun Besuki, Jumat (1/12/2023).


Dikonfirmasi awak media usai acara tersebut, Kepala Dinkes Situbondo dr. Sandy Hendrayono menjelaskan, hari ini bertepatan dengan peringatan Hari AIDS Sedunia 2023, pihaknya mengundang komunitas peduli HIV mengadakan serangkaian kegiatan. Antaranya melaksanakan pemeriksaan tes HIV dan pengobatan gratis, senam bersama, sosialisasi, menyebarkan leaflet dan brosur di perempatan jalan kepada masyarakat juga pengguna jalan umum. Memberikan edukasi tentang HIV/AIDS kepada kelompok usia remaja dan pelajar sekolah lanjutan.


"Kita melakukan sosialisasi dengan harapan penyakit ini tidak berkembang di tengah masyarakat," ucapnya.


Lebih lanjut dr. Sandy menjelaskan, di Kabupaten Situbondo sampai bulan Oktober Tahun 2023 ini dari data HIV tercatat ada 10.126 orang yang melakukan tes HIV. Selanjutnya, yang positif HIV ada 302 orang dan yang melakukan pengobatan HIV sampai saat ini sebanyak 433 orang. Disisi lain, rata-rata faktor penyebab resiko penularan HIV akibat hubungan sex bebas, heteroseksual dan homoseksual, serta penggunaan Napza suntik (penasun). (Fin)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم