Dispertangan Salurkan Pupuk Gratis dan Pupuk Organik Cair kepada Petani

Kades Kotakan secara simbolis menyerahkan pupuk urea non subsidi gratis dan POC kepada petani


Jawapes, SITUBONDO - Pemkab Situbondo melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertangan) Kabupaten Situbondo menyalurkan pupuk urea non subsidi gratis dan pupuk organik serta hayati cair kepada masyarakat petani.


Penyaluran pupuk tersebut salah satunya dilaksanakan di balai Desa Kotakan, Kecamatan/Kabupaten Situbondo, Jumat (29/12/2023).


Dikonfirmasi awak media usai acara, Agus Supriyadi selaku Koordinator BPP Situbondo Kota menjelaskan, hari ini dilaksanakan penyerahan pupuk urea non subsidi gratis dari Pemkab Situbondo. Di wilayah Kecamatan Situbondo mendapatkan pupuk urea non subsidi sebanyak 127 sak, penyalurannya terbagi di empat desa. Yaitu Desa Olean, Talkandang, Kotakan dan Desa Kalibagor. Kemudian juga ada penyerahan bantuan pupuk organik cair (POC). Untuk Kecamatan Situbondo keseluruhan dapat 1.014 liter, terbagi di enam Gapoktan. Yakni meliputi gapoktan Desa Olean, Talkandang, Kotakan, Kalibagor, Kelurahan Patokan serta Kelurahan Dawuhan.


"Petani yang mendapat pupuk urea non subsidi gratis harus terdaftar di E-RDKK, luasan lahannya tidak boleh melebihi 0,5 hektare dan harus warga Situbondo. Setiap satu orang petani mendapat satu sak pupuk," jelasnya.


Ditempat yang sama, Kepala Desa Kotakan, H. Saiful Iman menyampaikan rasa syukur dan terima-kasih atas dilaksanakannya penyaluran pupuk gratis di desanya. Ia berharap ke depannya pendapatan dari hasil bidang pertanian bisa tambah meningkat lagi di Desa Kotakan. Disini di dominasi penanaman jagung dan tebu.


"Ada sebagian kotak atau lahan yang bisa di tanami padi karena ada sumur bor. Saya berharap program pemerintah penyaluran pupuk gratis ini bisa dilanjutkan pada tahun-tahun selanjutnya," harapnya.


Pantauan awak media, acara penyaluran pupuk gratis tersebut turut dihadiri Kabid Tanaman Pangan Dispertangan, Camat Situbondo, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Lurah Patokan, Kades Kalibagor, serta para petani. (Fin)


Pembaca

1 Komentar

  1. Alhamdulillah.. salah satu bukti dukungan dr bapak Bupati Situbondo (Bung Karna)tuk petani dan pertanian.. terima kasih pak Bupati..

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama