Rangkaian HKN ke-59, Dinkes Gelar Pelatihan Peningkatan Personalia Branding

Narasumber memberikan pemaparan materi kepada peserta personal branding

Jawapes, SITUBONDO - Dalam rangkaian memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59. Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo menyelenggarakan pelatihan peningkatan personalia branding bagi petugas kesehatan, yang berlangsung di Aula DC2T kantor dinas setempat, Kamis (2/11/2023).


Dikonfirmasi awak media disela-sela acara, Kepala Dinas Kesehatan Situbondo, dr. Sandy Hendrayono menjelaskan, personalia branding ini untuk meningkatkan kemampuan dan rasa percaya diri petugas kesehatan ketika berhadapan dengan masyarakat. Sebab pelayanan kesehatan itu bukan hanya dalam hal layanan saja, namun petugas kesehatan juga bagaimana dapat melakukan komunikasi, inovasi dan edukasi kepada masyarakat supaya bisa memahami program kesehatan secara utuh.


"Saat ini pelatihannya adalah untuk meningkatkan kemampuan petugas kesehatan dalam berkomunikasi dengan masyarakat. Sehingga semua program kesehatan dapat tersampaikan dengan lengkap, akurat dan jelas," tegasnya.


Lebih lanjut, Kepala Dinkes menerangkan, di pelayanan kesehatan itu ada empat macam, yaitu promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Keberhasilan pencegahan itu lebih mudah daripada mengobati. Maka pelayanan kesehatan sekarang lebih difokuskan kepada promotif dan preventif. Jadi promotif atau promosi merupakan salah satu cara yang dilakukan tenaga kesehatan dalam menyampaikan program kesehatan kepada masyarakat. Sekarang mereka dilatih agar pada saat penyampaian kepada masyarakat bisa diterima dengan baik.


"Sasaran peserta peningkatan personal branding, yaitu kepala puskesmas dan tenaga programmer promkes. Total ada 20 puskesmas di Kabupaten Situbondo. Saya berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan menularkan kemampuannya ke tenaga kesehatan lainnya," imbuhnya. (Fn)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم