Manfaatkan DBHCHT, Disnakkan Situbondo Gelar Pelatihan Diversifikasi Usaha Nelayan Melalui Budidaya Rumput Laut

Puluhan peserta mengikuti prosesi pelatihan diverifikasi usaha nelayan budidaya rumput laut

 

Jawapes, SITUBONDO - Guna meningkatkan keterampilan dan pengembangan SDM. Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Situbondo menggelar pelatihan diversifikasi usaha nelayan melalui budidaya rumput laut yang bersumber dari anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Tahun 2023.


Dikonfirmasi awak media, Senin (20/11/2023). Kabid Pemberdayaan Nelayan pada Disnakkan Situbondo, Roi Hidayat menjelaskan, kegiatan budidaya rumput laut dilaksanakan di dua tempat, yaitu wilayah barat rumah makan Bali 2, Kecamatan Suboh dan wilayah timur Aula KPRI Sumberrejo, Kecamatan Banyuputih. Masing-masing kegiatan pelatihan diikuti 40 orang nelayan sebagai peserta dan pelaksanaannya selama 4 hari. Selama pelatihan budidaya rumput laut, seluruh peserta mendapat materi dalam kelas serta praktek.


Peserta saat mengikuti praktek pelatihan budidaya rumput laut


"Alasan diadakan pelatihan budidaya rumput laut karena nelayan itu punya musim paceklik dan musim panen. Paceklik biasanya terjadi ketika musim kemarau dan ikan sedikit. Harapan kami saat musim paceklik nelayan tetap mendapatkan penghasilan untuk kesejahteraannya, sehingga kita alihkan tidak di sektor perikanan tangkap tetapi salah satunya melalui budidaya rumput laut ini," ucapnya.


Masih Roi Hidayat, menurutnya budidaya rumput laut cocok dilakukan saat musim kemarau dan hasilnya bagus. Di Situbondo ada 4 pabrik rumput laut dan sampai hari ini tetap beroperasi. Disisi lain, nelayan yang menjadi peserta pelatihan sebelumnya sudah pernah budidaya rumput laut. Maka pada pelatihan ini materinya di perdalam lagi, yaitu terkait penanganan hama dan penyakit saat budidaya. Selanjutnya materi tentang sektor pemasaran. Jadi pelatihan ini harapannya untuk menopang ekonomi dan kesejahteraan nelayan dengan budidaya rumput laut.


"Anggaran untuk pelaksanaan pelatihan diversifikasi usaha nelayan melalui budidaya rumput laut ini total sebesar Rp159 juta dari DBHCHT Tahun 2023," bebernya. (Adv)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama