Berikan Edukasi, Dinas Ketenagakerjaan Situbondo Melaksanakan Pelatihan Membatik

Anggota DPRD Jatim Zeiniye didampingi Kabid Penta dan PPK Dinas Ketenagakerjaan menyerahkan perlengkapan alat pelatihan kepada perwakilan peserta

 

Jawapes, SITUBONDO - Sebagai upaya meningkatkan keterampilan dan pengembangan SDM. Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Situbondo melalui bidang penempatan tenaga kerja kembali melaksanakan pelatihan membatik part 3. Kali ini pelatihan diselenggarakan di Ponpes Nurul Yaqin, Desa Widoro Payung, Kecamatan Besuki.


Dikonfirmasi awak media Kabid Penta dan PPK Dinas Ketenagakerjaan Situbondo, Ery Sandhi menjelaskan, pelatihan membatik ini dilaksanakan selama 10 hari, yaitu mulai tanggal 30 Oktober sampai 8 November 2023 dan pesertanya diikuti oleh masyarakat yang berada di lingkup Ponpes Nurul Yaqin. Adapun materi pelatihan yang disampaikan oleh instruktur kepada peserta, yaitu meliputi teknik cara membuat pola batik, mencanting malam dan mewarnai, serta memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan oleh narasumber.


"Adanya pelatihan membatik ini diharapkan akan menjadi sarana dan wadah bagi peserta yang merupakan pelaku usaha dan penyedia jasa. Sehingga mereka bisa semakin berkembang dan memperluas jaringan pasar menuju dunia usaha yang kompetitif. Semoga pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi peserta,"harapnya.


Lebih lanjut, Kabid Penta dan PPK Dinas Ketenagakerjaan Situbondo menyampaikan, tujuan dari pelaksanaan membatik ini adalah memberikan edukasi dan menyebar luaskan informasi kepada pelaku usaha dan penyedia jasa, sehingga mereka dapat terus berkembang dan lebih luas, serta mampu bersaing kompetitif di pasar lokal maupun internasional. Tentu tujuan akhirnya yaitu dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Situbondo. Disisi lain selama pelatihan peserta mendapat perlengkapan alat pelatihan seperti satu set alat tulis dan peralatan membatik.


"Acara pelatihan membatik ini turut dihadiri anggota DPRD Provinsi Jatim Zeiniye dan instruktur pelatihan sebagai narasumber," terangnya. (*)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم