Peringati Hari Santri Nasional, TPQ Ar-Rohim Gelar Pawai

Jawapes Indonesia
Para santri-santriwati TPQ saat berada di garis start untuk persiapan mengikuti pawai santri 


Jawapes, PACITAN - Dalam rangka memperingati Hari Santri 2023, TPQ Ar-Rohim gelar pawai santri dengan mengusung tema "Jihad Santri Jayakan Negeri", Sabtu (21/10/2023) malam.


Dalam sambutannya, Kepala TPQ Ar-Rohim, Masrukin, S.Pd.I., menjelaskan, hari santri adalah momentum penting bagi umat Islam untuk menghargai peran santri dalam memperkuat agama dan kebudayaan Islam. Selanjutnya, pelaksanaan kegiatan pawai pada saat ini mengusung tema Jihad Santri Jayakan Negeri. Sehingga pihaknya mengajak para santri untuk terus berjuang membangun kejayaan negeri dengan semangat jihad intelektual di era transformasi digital. Makna jihad tersebut tidak hanya berperang mengangkat senjata, melainkan para santri harus berjuang melawan kebodohan dan ketertinggalan.


"Seorang santri harus berperan aktif di era transformasi digital ini. Tema karnaval yang diangkat tahun ini relevan dengan situasi sosial dan agama yang kita alami. Semangat persatuan dan nilai-nilai keislaman menjadi fokus utama dalam karnaval ini,"ucapnya.


Lebih lanjut, Masrukin menyampaikan, melalui karnaval ini, pihaknya juga ingin memperkenalkan profil TPQ Ar-Rohim. Seperti diketahui bersama, TPQ Ar-Rohim menjadi tempat bagi anak-anak muslim untuk belajar membaca, memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an. Kemudian, para pengajar di TPQ Ar-Rohim memiliki komitmen untuk mendidik generasi muda dengan nilai-nilai islami. TPQ Ar-Rohim berdiri sejak Tahun 2019. Saat ini untuk jumlah tenaga pengajarnya sebanyak 4 orang dan santri-santriwatinya sebanyak 50 orang.


"Keberadaan TPQ Ar-Rohim ini memiliki peran penting dalam membentuk akhlak dan karakter bagi anak-anak muslim. Sehingga mereka bisa tumbuh menjadi pribadi yang taat beragama dan bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya. (Red)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم