Disparpora Situbondo Berikan Pelatihan Keamanan dan Keselamatan Daya Tarik Wisata

Kepala Disparpora Situbondo berikan arahan kepada peserta dan sekaligus membuka acara pelatihan


Jawapes, SITUBONDO
- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah-raga (Disparpora) Kabupaten Situbondo berikan pelatihan keamanan dan keselamatan di daya tarik wisata, guna tingkatan keterampilan SDM dan kualitas pelayanan sektor pariwisata, Rabu (11/10/2023) Aula Hotel Sido Muncul, Desa Pasir Putih, Kecamatan Bungatan.

Dikonfirmasi awak media usai membuka acara pelatihan tersebut, Kepala Disparpora Kabupaten Situbondo, Hj. Tutik Margiyanti menyampaikan, tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan destinasi pariwisata yang ada di kabupaten Situbondo. Kemudian, dalam amanat Undang-undang Nomor 10 Tahun 2009 tentang kepariwisataan, ada 5 aspek utama yang perlu diingat dan dipahami oleh pengelola pariwisata. Yaitu meliputi aksesibilitas, amenitas (fasilitas), atraksi, akomodasi dan aktifitas di destinasi wisata. Sehingga tujuan wisata akan disenangi oleh wisatawan.

"Dalam rangka menarik minat wisatawan untuk berkunjung, maka ada 7 unsur sapta pesona sebagai penunjang produk wisata yang harus dipenuhi oleh para pengelola destinasi wisata. Sebab 7 unsur tersebut sebagai tolak ukur seberapa besar kualitas dari produk wisata. Tujuh unsur sapta pesona terdiri dari unsur keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan," jelasnya.

Lebih lanjut, Kepala Disparpora Situbondo menerangkan, pelatihan ini merupakan program dari Kemenparekraf untuk peningkatan terhadap sumber daya pariwisata. Harapannya para pengelola (peserta) bisa memahami tentang pentingnya keamanan dan keselamatan di destinasi wisata. (Fin)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama