Surabaya Raih Juara Umum Porprov VIII Jatim 2023

 


Jawapes Mojokerto – Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII Jawa Timur 2023 tuntas digelar. Kota Surabaya menjadi juara umum dalam ajang dua tahunan itu.


Kontengen Kota Surabaya meraih 163 emas, 125 perak, 110 perunggu. Jumlah itu disebut lebih besar dari target 150 emas yang dicanangkan Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya.



Dalam Cloasing Ceremony atau penutupan Porprov yang digelar di Stadion Gajah Mada, Kabupaten Mojokerto, Sabtu (16/9/2023) malam, M. Nabil Ketua KONI Jawa Timur mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih kontingen Kota Surabaya.


“Selamat kepada Surabaya yang menjadi juara umum di Porprov VIII tahun 2023,” ucap M. Nabil.


Di posisi kedua ada Sidoarjo. Namun peroleh medali sangat jauh, yakni dengan 97 emas, 90 perak, dan 112 perunggu. Sementara itu Kota Malang menempati posisi ketiga dengan 74 emas, 52 perak, dan 80 perunggu.


Kemudian di peringkat kempat ada Kota Kediri dengan perolehan 56 emas, 37 perak, dan 56 perunggu. Lalu di ranking kelima ada Kabupaten Malang dengan 38 emas, 42 perak, dan 38 perunggu.


Pencapaian di Porprov VIII/2023 ini memperpanjang dominasi Kota Pahlawan di multievent terbesar dan terakbar di Jatim itu. Surabaya selalu menjadi juara umum sejak Porprov I/2007 silam.


Hoslih Abdullah, ketua KONI Surabaya mengatakan keberhasilan kontingen Surabaya menjadi juara umum kali ke delapan ini tak lepas dari sistem pembinaan yang berjalan terus menerus.


“Karena kami punya sistem pembinaan yang berjalan terus-menerus, dari 2007 hingga hari ini. Kami punya blueprint sampai 2030. Itu yang harus dilaksanakan secara terus menerus,” ujar Hoslih.


Dalam penutupan Porprov VIII tadi malam, juga diputuskan bahwa gelaran Porprov Jatim IX 2025 akan diselenggarakan di Malang Raya meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu.

(Achmad)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم