Semarak Dirgahayu ke-78 TNI AL, Danlantamal V Ikuti Kirab Kota Surabaya

 


Jawapes Surabaya - Komadan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono mengikuti kirab Kota Surabaya dalam rangka Semarak Dirgahayu Ke-78 TNI Angkatan Laut yang jatuh pada tanggal 10 September 2023 yang lalu. Peserta kirab dilepas langsung oleh Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jenderal  TNI  (Mar)  Suhartono  di depan Tugu Pahlawan Kota Surabaya, Minggu(17/09/23).


Rute yang ditempuh sepanjang 2,5 kilometer yakni dari area start di Tugu Pahlawan menuju Jalan Pahlawan, kemudian menuju Jalan Gemblongan, Jalan Tunjungan dan finish di Jalan Gubernur Suryo.


Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono mengatakan, Event akbar yang digelar tersebut merupakan momentum bagi TNI AL untuk mengenalkan lebih dekat eksistensi TNI AL kepada masyarakat luas, khususnya  Surabaya sebagai Navy City dikarenakan banyak Komando Utama (Kotama) yang menjadi kekuatan TNI AL berada di Kota Pahlawan Surabaya.


"Maksud dari kirab kota ini selain memperingati hari ulang tahun Angkatan Laut. Kita ingin menghadirkan TNI AL ditengah masyarakat, di mana Surabaya ini sebagai kota Pahlawan. Sekaligys sebagai kita Angkatan Laut atau Navy City,"ungkap Lejen Suhartono, Minggu (17/09).


Kegiatan ini mendapatkan apresiasi masyarakat. Bahkan mereka rela berdesak-desakan untuk melihat parade secara langsung. Para warga tidak mau ketinggalan mendokumentasikan peserta parade, mulai dari atraksi prajurit, drum band hingga kegagahan alutsista yang ikut dalam parade.


Sekertaris Daerah Provinsi Jawa Timur Bapak Adhy Karyono menyampaikan, sangat menyambut baik acara pada hari ini. “Mewakili masyarakat Jawa Timur, kami mengucapkan terima kasih dapat melihat secara langsung atraksi dan kekuatan TNI AL. Ini menunjukan bahwa Surabaya benar-benar Kota Maritim dan menunjukan TNI AL sangat menyatu dengan masyarakat”, terangnya.


Untuk tema kali ini sangat menarik dengan tema “Dengan semangat Jalesveva jayamahe, terus melakukan untuk Indonesia maju” Tersebut menempuh jarak 2,5 kilometer dengan start Tugu pahlawan, sampai finish Gubernur Suryo.


Sebanyak tujuh Kotama TNI AL menurunkan ribuan prajurit sebagai peserta Kirab Kota, yaitu Kodiklatal, Komando Armada (Koarmada) II, Akademi Angkatan Laut (AAL), Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal), STTAL, Pasukan Marinir (Pasmar) 2 dan RSPAL dr. Ramelan. Tidak hanya prajurit namun kendaraan tempur dan taktis TNI AL, serta kendaraan kesehatan TNI AL juga ikut dalam kontingen Kirab Kota dalam peringatan HUT ke 78 TNI AL.


Selain itu turut meramaikan Kirab Kota yakni Satuan dari TNI AD dan TNI AU, Bea Cukai dan Polair, dan juga siswa siswi dari sekolah-sekolah yang berada dalam naungan Yayasan Hang Tuah, SMA Taruna Nala, SMA Taruna Madani, serta dari komunitas Seni Budaya Surabaya.


Menambah semaraknya Kirab Kota 2023, sejumlah demo juga ditampilkan di area start antara lain aksi Kolone Senapan dari Batalyon Infanteri 5 Marinir, Genderang Suling (GS) Gita Jala Taruna AAL, Demo Terjun Payung dari Pasmar-2, dan flypass dari tiga pesawat helikopter Bell-505 dari Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal). Melengkapi kemeriahan di area start maka di area finish masyarakat akan dihibur oleh penampilan Campursari Tirto Gumelar Kodiklatal, Raksa Band Marinir dan Ridho KDI.

(Achmad)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم