Bupati Situbondo Buka Resmi Festival Kopi dan Tembakau 2023

Bupati Situbondo bersama Jeremy Thomas mengunjungi salah satu stand petani tembakau


Jawapes, SITUBONDO - Sebagai daerah penghasil tembakau dan kopi yang cukup potensial, pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Diskoperindag menyelenggarakan Festival Kopi dan Tembakau Tahun 2023, selama dua hari di Alun-alun kota.


Dalam sambutannya saat membuka acara festival, Sabtu (2/9/2023). Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan, acara festival kopi dan tembakau Situbondo adalah yang kedua kali dilaksanakan selama kepimpinannya. Pada hari ini semua buyer dan investor sama-sama datang karena memiliki komitmen untuk mengembangkan berbagai potensi kopi dan tembakau yang ada di kabupaten ini. Ia berharap semua tembakau yang ada di Situbondo supaya kualitasnya tetap terjaga. 


"Mari mulai sekarang kita jaga kualitas, karena dengan kualitas bagus saya yakin harganya akan lebih bagus. Disisi lain, banyak kopi dari daerah lain dan kita coba saling bersaing dalam rangka untuk meningkatkan kualitas kopi yang ada di Kabupaten Situbondo. Kopi arabika kita juara satu tingkat nasional pada Tahun 2020. Kalau kopi luwak juara satu tingkat internasional dan kopi robusta juga juara satu tingkat nasional di Tahun 2017. Jadi kopi kita luar biasa, baik itu robusta maupun arabika," ungkapnya.


Lebih lanjut, Bupati Situbondo berharap dengan dilaksanakannya festival kopi dan tembakau akan terjadi perputaran uang yang luar biasa. Selanjutnya diharapkan kopi dan tembakau di Situbondo semakin laris, sehingga UMKM mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.


Sementara itu, Sekdakab Situbondo Wawan Setiawan menambahkan, peserta festival kopi dan tembakau Tahun 2023 diikuti sebanyak 59 stand. Terdiri dari kopi lokal Situbondo sebanyak 10 stand, kopi dari luar daerah Situbondo sejumlah 8 stand, tembakau Situbondo sebanyak 8 stand, Bank Jatim sejumlah 2 stand dan UMKM lokal Situbondo ada sebanyak 34 stand.


Dari pantauan awak media ini, acara pembukaan Festival Tembakau Situbondo Tahun 2023 turut hadir juga Wabup Situbondo, jajaran Forkopimda, Ketua TP PKK Situbondo, Dirjen Kementerian Perdagangan Kementerian Republik Indonesia, Jeremy Thomas pengusaha rokok dan kopi, pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, para petani kopi dan tembakau, anggota DPRD Situbondo, serta tamu undangan lainnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama