Disparpora Situbondo Adakan Pelatihan Peningkatan Inovasi dan Higienitas Sajian Kuliner

Kabid Ekonomi Kreatif dan Pengembangan SDM Pariwisata pada Disparpora Situbondo memberikan arahan dan sekaligus menutup acara pelatihan

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah-raga (Disparpora) Kabupaten Situbondo mengadakan pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner Tahun 2023 bagi pelaku industri kuliner selama 4 hari, bertempat di salah satu hotel di Kabupaten Situbondo.


Kepada awak media usai menutup acara pelatihan tersebut, Kabid Ekonomi Kreatif dan Pengembangan SDM Pariwisata pada Disparpora Situbondo, Medi Wendarta menjelaskan, kegiatan pelatihan rutin dilaksanakan setiap tahun. Sedangkan untuk penyampaian materi kepada peserta, terkait peningkatan kompetensi di bidang kuliner lalu tentang higienitas, legalitas dan bisnis. Yaitu dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi dan mereka memiliki daya saing bertahan di dunia bisnis kuliner. Sehingga dapat meningkatkan perekonomiannya.


"Mereka (peserta) diajarkan berkreasi membuat kuliner dengan memanfaatkan bahan dasar lokal di sekitar sini," ujarnya.


Ditanya soal tindak lanjut dari kegiatan pelatihan tersebut, Medi Wendarta menerangkan, setelah mengikuti pelatihan ini semua peserta otomatis akan bergabung dengan Forum Komunikasi Kuliner Situbondo (FKKS). Mereka di FKKS akan berkolaborasi dengan melakukan pertemuan rutin tiap bulan untuk kerja-sama bisnis, join promosi, diskusi peningkatan inovasi produk kuliner dan ada banyak hal manfaat yang bisa dilakukan.


"Mereka juga bisa menjadi tenaga wisata kuliner dengan berusaha membuat makanan-makanan yang ada di sini untuk mendongkrak sektor pariwisata. Tentunya dengan memperhatikan segi kualitas, kuantitas dan higienitas," ungkapnya.


Peserta pelatihan saat mengikuti praktek memasak 


Sementara itu, Asila salah satu peserta menyampaikan ucapan terima-kasih serta memberikan tanggapan positif dengan adanya kegiatan pelatihan peningkatan inovasi dan higienitas sajian kuliner, karena dapat menambah ilmu tentang tata cara memasak yang baik. Kemudian, materi yang disampaikan oleh instruktur mudah di pahami sama peserta.


"Ilmu yang diperoleh dari hasil mengikuti pelatihan ini akan terus kami kembangkan di rumah dengan usaha kuliner menggunakan bahan baku lokal yang ada di Kabupaten Situbondo," ucapnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama