DP3APPKB Situbondo Gelar Pelatihan Konseling PFA

Kepala DP3APPKB Situbondo membuka acara pelatihan konseling PFA dan rujukan pemberi layanan psikologis lanjutan

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kabupaten Situbondo gelar pelatihan konseling Psychological First Aid (PFA) dan rujukan pemberi layanan psikologis lanjutan bagi guru BK tingkat SD, SMP dan SMA sederajat. Kegiatan tersebut berlangsung di Lantai II Aula Gedung PKK Kabupaten Situbondo, Senin (5/6/2023).


Dalam sambutannya saat membuka acara tersebut, Kepala DP3APPKB Kabupaten Situbondo Drs. H. Imam Darmaji, M.Si., menyampaikan, pelaksanaan pelatihan PFA dan rujukan pemberi layanan psikologis lanjutan di Kabupaten Situbondo ini sebagai langkah awal bersama untuk memberikan pendampingan kepada siswa. PFA atau pertolongan pertama psikologis adalah serangkaian tindakan yang diberikan untuk membantu menguatkan mental seseorang yang mengalami traumatis atau krisis. Sedangkan untuk di satuan pendidikan, bimbingan dan konseling (BK) memiliki peranan penting dalam implementasi kurikulum merdeka.


"Jika dikaitkan dengan implementasi kurikulum merdeka, maka peran layanan BK sebagai koordinator dalam mewujudkan kesejahteraan psikologis peserta didik. Serta memfasilitasi peserta didik agar mampu mengaktualisasikan potensinya untuk mencapai perkembangan secara optimal," paparnya.


Lebih lanjut, Kepala DP3APPKB Situbondo mengatakan, layanan bimbingan konseling bisa dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas dan sarana yang ada. Namun, selama ini bimbingan konseling belum maksimal dalam menyelesaikan masalah yang muncul bila dibandingkan dengan melakukan langkah pencegahan. Sehingga perlu diadakan pelatihan PFA bagi tenaga pendidik atau guru BK. 


"Peran guru BK sangat diperlukan untuk membantu bimbingan konseling sekolah agar menjadi tempat yang nyaman bagi semua pihak, terutama bagi siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan upaya-upaya untuk meningkatkan keberdayaan guru BK," pungkasnya.


Pembukaan acara pelatihan PFA tersebut turut dihadiri perwakilan guru BK di Kabupaten Situbondo, UPT PPA, Forum Anak Situbondo dan Genre Kabupaten Situbondo sebagai peserta pelatihan. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama