Ruwat Bumi Dukuh Beji Desa Cirahab Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumasan



Jawapes Banyumas,- Berlangsung acara Ruat Bumi(Merawat Bumi)acara kegiatan yang berlangsung di lapangan voli Rt01 RW02 yang malam nanti akan dilanjut dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk Dalang Ki Gandhik dengan judul Bawor Mbangun Padepokan



Untuk acara Ruwat Bumi Kades Cirahab Subur Prianto menjelaskan bahwa kegiatan ini sudah berlangsung turun temurun untuk menjaga budaya  arif nan luhur karena nilai budaya kearifan lokal.contoh kecilnya untuk mempererat silahturahmi antar warga dengan makan tumpeng bersama kebutulan ada rejeki besar sehingga motong kerbau disini tidak harus kerbau. Ayam atau kambing pun bisa jadi. Kegiatan ini melibatkan satu RW enam RT untuk anggaran ini murni swadaya warga besarnya pun variatif.Pesen Kades Subur Prianto jangan  sampai di kait2 dengan Agama karna ini Budaya yang wajib di lestarikan kedepan nya akan di bentuk pemangku adat untuk diperdeskan. 


Acara Ruwat Bumi dimulai pk 10.30 wib dihadiri juga oleh jajaran Forkimda Kecamatan Lumbir Camat Susanti Tri Pamuji Kapolsek Akp Lulus Niatdi beserta jajaranya Danramil beserta jajajrnya sambutan Camat disini ini Budaya harus wajib di lestarikan jangan sampai nilai2 luhur budaya ini hilang.karena wujud rasa sukur ke Bumi yang sudah diambil segala bentuk sumberdaya nya dan bentuk silahturahmi warganegara yang baik.apresiasi dua jempol pun di berikan untuk warga grumbul Beji Desa Cirahab kec. Lumbir kab Banyumas.


Harapan dari warga kegiatan sukuran sedekah Bumi jangan sampai hilang atau punah ungkap embah Sanuji yang berusia 80 tahun lebih Rt 06 RW 02 untuk melambangkan keberkahan dan kemakmuran. 


(Mugi irawan) 


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama