Pembangunan Irigasi Program P3TGAI Desa Panji Lor Diharapkan Berikan Manfaat Bagi Petani

Pembangunan saluran irigasi program P3TGAI



Jawapes, SITUBONDO - Pembangunan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang merupakan kegiatan rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani, yang dilaksanakan sendiri oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A) secara swakelola padat karya terlaksana di Kabupaten Situbondo. Salah satunya di Desa Panji Lor, Kecamatan Panji yang diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat petani.


Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Panji Lor, Ahmad Boehori kepada awak media, Selasa (30/5/2023). Menurut Boehori, keberadaan pembangunan saluran irigasi program P3TGAI di desanya sangat membantu masyarakat petani, karena dapat mengairi lahan pertanian dengan lancar dan kebutuhan air di sawah bisa terpenuhi. 


"Masyarakat petani sangat senang dengan adanya program P3TGAI karena air menjadi lancar dan otomatis hasil produksi pertanian jadi melimpah," terangnya.


Menurut Boehori, Desa Panji Lor sudah kedua kalinya mendapatkan program P3TGAI. Pada tahun ini pembangunannya terletak di Dusun Krajan Barat, sedangkan Tahun 2022 kemarin pelaksanaannya di Dusun Krajan Timur. Mudah-mudahan program ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya petani.


"Kami ucapkan terima-kasih dan ke depannya berharap bisa mendapatkan bantuan program P3TGAI kembali, sehingga pembagian air ke lahan-lahan pertanian bisa lebih merata. Desa Panji Lor nantinya bisa menjadi penyanggah pangan di Kabupaten Situbondo, karena hasil produksi pertaniannya meningkat," ujarnya.


Sementara itu, Ketua Himpuan Petani Pemakai Air (HIPPA) Desa Panji Lor, Kecamatan Panji, H. Sholahudin mengucapkan terima-kasih kepada koordinator P3TGAI. Di Tahun 2023 ini, Desa Panji Lor kembali mendapatkan kepercayaan mendapatkan program tersebut, sehingga dapat mengairi lahan sawah seluas 20 hektare. Jadi para petani sangat mudah mendapatkan air untuk mengairi sawahnya. 


''Kami berharap program P3TGAI kembali dikucurkan ke Desa Panji Lor untuk mempermudah mengairi sawah petani dan dapat mensejahterakan kehidupan petani," pungkasnya.


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama