KSOP Kelas IV Panarukan Gelar Rakor Kesiapan Angkutan Lebaran 2023

Kepala kantor KSOP Kelas IV Panarukan saat memimpin rapat koordinasi kesiapan angkutan laut di masa lebaran 

 

Jawapes, SITUBONDO - KSOP Kelas IV Panarukan gelar rapat koordinasi (Rakor) terkait kesiapan angkutan laut selama masa Idul Fitri 1444 H, bertempat di aula kantor KSOP Kelas IV Panarukan Wilker Jangkar, Rabu (8/3/2023).


Dikonfirmasi awak media usai acara, Kepala Kantor KSOP Kelas IV Panarukan, Herland Aprilyanto menjelaskan, kegiatan Rakor ini sesuai dengan arahan dari Dirjen Perhubungan Laut. Pihaknya telah mempersiapkan armada dan saat ini sudah dilakukan uji ramp check oleh BPTD wilayah XI Provinsi Jatim. KSOP Kelas IV Panarukan bersama Dinas Perhubungan Provinsi Jatim mensupport kegiatan tersebut. Berikutnya, dari informasi hasil rapat tadi untuk jadwal pemulangan santri dari pondok pesantren dimulai tanggal 13,14,15 dan tanggal 16 di bulan ini. Yaitu dengan tujuan ke Pulau Kangean, Sapudi, Raas dan Kalianget.


"Alhamdulillah jadwal kepulangan santri sangat membantu mengurai dari penumpukan lonjakan arus mudik. Sebab di Pelabuhan Jangkar untuk kepulangan arus mudik ke pulau-pulau di Madura terbagi dalam 3 golongan, yaitu pekerja, pedagang dan pelajar atau santri. Sedangkan bagi pekerja dan pedagang, kita melihat dari data-data tahun kemarin ada peningkatan penumpang di H-15, dan puncak arus mudik di H-7 sampai H-5 lebaran," ungkapnya.


Lebih lanjut, Kepala KSOP Kelas IV Panarukan menambahkan, armada yang tersedia sementara ada tiga Kapal Motor Penyeberangan (KMP). Antaranya, KMP Munggiyango Hulalo, KMP Dharma Kartika dan KMP Satya Kencana.


Pantauan awak media, kegiatan Rakor tersebut turut dihadiri perwakilan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, perwakilan Kepala BPTD XI Jatim, perwakilan Dinas Perhubungan Situbondo, Kasatpol Air Polres Situbondo, Jajaran Forpimka Jangkar, Dankamla Jangkar, perwakilan Kepala Desa Jangkar, Ka. Pos Panarukan KKP Kelas II Probolinggo, Ka. Cabang ASDP Jangkar, Ka. Cabang PT. DDU Jangkar, serta perwakilan Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, perwakilan Ponpes Walisongo, perwakilan Ponpes Sumber Bunga dan perwakilan Ponpes Nurul Jadid Paiton. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama