Laga Persebaya vs Borneo FC Hanya Boleh Dihadiri 10 Ribu Penonton

 

Laga Persebaya vs Borneo FC


Jawapes Surabaya - Setelah digelar rapat koordinasi (RAKOR) dengan Polda Jatim siang kemarin (31/1). Polres Gresik memberikan izin pertandingan antara Persebaya vs Borneo FC. Dihadiri 10 ribu penonton. Jumlah itu sesuai dengan permintaan yang diajukan Panpel Persebaya Surabaya.


”Tadi rakor memutuskan menyetujui permintaan kami untuk 10 ribu penonton,” terang Ketua Panpel Persebaya Ram Surahman. 


Pertandingan pekan ke-22 itu akan digelar di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Jumat (3/2). Faktor stadion menjadi salah satu alasan kenapa Persebaya hanya mengajukan 10 ribu. Itu merujuk pada hasil assessment Mabes Polri pada akhir Desember 2022. Yakni, stadion yang menjadi kandang Gresik United itu mendapatkan skor 69 persen. Kategori cukup. 


Dengan kategori itu, stadion yang biasa disebut ”Gejos” tersebut hanya bisa dihadiri penonton maksimal 60 persen dari kapasitas yang sebanyak 23 ribu. Bila dihitung, sebetulnya bisa ketemu di angka 13 ribu. ”Ini pertandingan pertama dengan penonton yang bukan di GBT. Kami ambil angka moderat 10 ribu. Alhamdulillah disetujui kepolisian,” lanjutnya. 


Ram berharap agar semua pihak bisa menjaga kepercayaan yang diberikan itu. Bonek yang hadir bisa turut menjaga ketertiban selama dan sesudah pertandingan. Begitu juga yang tidak memiliki tiket, diminta untuk menahan diri tidak datang ke area sekitar stadion.


”Pertandingan disiarkan langsung. Kalau memang tidak punya tiket, baiknya tidak memaksa datang,” ujar Ram. Sebab, lanjut Ram, pertandingan itu sekaligus menjadi ujian kepercayaan bagi Persebaya dan Bonek. ”Bila nanti terjadi apa-apa, kemungkinan izin pertandingan selanjutnya bakal sulit,” tegasnya. Hal itu pula yang terjadi ketika Persebaya kesulitan untuk mengajukan izin menggelar laga di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Sebab, kali terakhir berlaga di stadion itu, suporter rusuh dan melakukan perusakan.


Sementara itu, pelatih Persebaya Aji Santoso menyambut gembira kehadiran penonton di stadion. Menurutnya, itu bisa meningkatkan motivasi para pemain di lapangan. Itu diperlukan untuk bisa mengamankan tiga poin dari incaran Borneo FC.


”Bagus kalau ada penonton. Anak-anak pasti akan lebih bersemangat dan percaya diri. Semoga kita bisa kembali mengamankan kemenangan,” harapnya.


(M. Zain)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama