Cegah Stunting, Puskesmas Panji Melaksanakan Program Pekan Nasional Edukasi Isi Piringku

Cegah Stunting, Puskesmas Panji Melaksanakan Program Pekan Nasional Edukasi Isi Piringku
Kepala Puskesmas Panji bersama Kades Panji lor dan masyarakat setempat melakukan sesi foto bersama di Posyandu 

 

Jawapes, SITUBONDO - Dalam rangka peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63, UPT Puskesmas Panji melaksanakan program Pekan Gerakan Nasional Edukasi Isi Piringku, salah satunya di Posyandu Anggrek, Desa Panji Lor, Kecamatan Panji, Sabtu (11/2/2023).


Dikonfirmasi awak media, Kepala Puskesmas Panji drg. Sugiyono mengatakan, dalam rangkaian kegiatan peringatan HGN ke-63, Puskesmas Panji sebelumnya pada tanggal 25 Januari kemarin telah melaksanakan kegiatan aksi bergizi di sekolah. Sedangkan hari ini pihaknya melaksanakan program pekan gerakan nasional edukasi isi piringku di posyandu yang digelar secara serentak pada tanggal 11 Februari 2023. Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini melibatkan lintas sektor. Kemudian untuk susunan acaranya yaitu meliputi giat penyuluhan tentang edukasi porsi pemberian makanan untuk balita dan ibu hamil. Lalu ada permainan dan terakhir posyandu.


"Dalam pemberian edukasi, kita melakukan penyuluhan porsi makanan yang benar untuk bayi usia 6 sampai 8 bulan. Lalu, kepada bayi usia 9 hingga 11 bulan dan bayi usia 11 bulan keatas," terangnya.


Lebih lanjut, Kepala Puskesmas Panji menjelaskan, isi piringku merupakan program bagi masyarakat dalam memahami porsi makan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan gizi yang seimbang dan sebagai upaya pencegahan stunting. Setiap porsi makan isi piringku tersedia lengkap, mulai dari makanan pokok, lauk pauk dari protein hewani ataupun nabati, sayur dan buah.


"Hari ini kami juga membuka layanan posyandu lansia. Jadi semua lansia yang hadir diperiksa kesehatannya, lalu melakukan pengukuran antropometri dan membuka layanan konsultasi gizi," paparnya.


Sementara itu, Kepala Desa Panji Lor, Ahmad Buhori menyampaikan, pihaknya memberikan apresiasi dan mendukung adanya program pekan gerakan nasional edukasi isi piringku yang dilakukan oleh Puskesmas Panji di desanya. Semoga ke depannya kegiatan ini semakin semarak. Untuk mensukseskan program pencegahan stunting, Pemdes Panji Lor telah menganggarkan makanan tambahan untuk balita, ibu hamil dan lansia.


"Kami setiap bulan rutin melaksanakan program pemberian makanan tambahan. Dengan fasilitas yang telah disediakan oleh pemerintah, diharapkan masyarakat lebih semangat lagi datang ke posyandu," harapnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama