Pulihkan Ekonomi, UMKM Sukomanunggal Gelar Surabaya Holiday

 

Pulihkan Ekonomi, UMKM Sukomanunggal Gelar Surabaya Holiday


Jawapes, Surabaya - Guna memulihkan perekonomian di Indonesia khususnya di Surabaya, UMKM Sukomanunggal gelar Surabaya Holiday pada, Minggu (15/1/23).


Kegiatan Surabaya Holiday tersebut digelar di Seputaran SCTV yakni di Jalan Raya Patimura, Darmo Permai, Kec. Sukomanunggal, Kota Surabaya.


Hadir dalam kegiatan Bazar UMKM Tersebut yakni, Ketua Karang Taruna Kota Surabaya (Fuad Bernadi), Ketua UMKM Sukomanunggal (Oki Iin Prihandono), Devisi Publikasi, Dokumentasi, dan Edukasi (Deddy Adam Yanuar, S.H., S.E., MM), Kasi Perekonomian Kec. Sukomanunggal (Drs. Adang Kurniawan, MM).


Pulihkan Ekonomi, UMKM Sukomanunggal Gelar Surabaya Holiday


Oki Iin Prihandono selaku Ketua UMKM Sukomanunggal menjelaskan, kita memang awal-awal merintis bahwa kegiatan ini bernama Surabaya Holiday. Surabaya Holiday ini berisi kegiatan antara lain adanya bazar UMKM, Car Free Day (CFD), hiburan elektone, karaoke, dan permainan anak-anak.


"Dalam kegiatan ini sebetulnya berawal dari keinginan para anggota UMKM Sukomanunggal. Anggota kami secara resmi yang sudah mengurus izin mulai NIB, BILT, dan izin halal itu sekitar 170 orang tetapi untuk anggota yang tidak mempunyai izin dan yang sudah terdaftar itu lebih dari 1.200 orang," terang Oki.


Lanjut Oki Iin Prihandono,  jadi kegiatan ini berisi orang-orang yang prioritas kita adalah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), masyarakat yang terdampak covid-19, di dalam itu juga ada produk UMKM dan ada produk pedagang yang masih proses untuk bisa menjadi UMKM.


"Untuk mengedukasi para pedagang itu tidak semudah untuk mengurus perizinan tapi kita berikan kemanfaatan dulu dengan cara kegiatan ini. Nah, dengan mereka menikmati kegiatan ini dan merasakan keramaian kegiatan ini maka kita berharap mereka semakin lama akan teredukasi untuk bisa tertib secara administrasi dan akhirnya mengurus izinya," papar Oki.


Sementara itu, Fuad Bernadi Ketua Karang Taruna Kota Surabaya sangat mengapresiasi kegiatan Surabaya Holiday ini yang di selenggarakan oleh UMKM Sukomanunggal.


"Kegiatan ini sangat bagus, karena memang kegiatan ini sebagai bentuk upaya untuk pemulihan ekonomi di Indonesia terutama di Kota Surabaya. Supaya UMKM disini itu bisa bangkit kembali pasca dari pandemi covid-19," ujar Fuad Bernadi.


Fuad Bernadi Ketua Karang Taruna Kota Surabaya juga berharap, semoga semakin massive nanti bisa ditempatkan di titik lain dan terutama nanti juga bisa dibuat rutin. Ini kan jalan besar, barangkali bisa dibuat rutin seperti pasar malam sehingga roda perekonomian tetap berjalan, tutup Fuad Bernadi. 


(Bintang)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama