Peringati HGN ke-63, Dinkes Monitoring Giat Aksi Bergizi di Sekolah

Peringati HGN ke-63, Dinkes Monitoring Giat Aksi Bergizi di Sekolah
Kepala Dinas Kesehatan beserta jajaran didampingi Kepala Puskesmas
Panji saat melakukan monitoring giat aksi bergizi di MTSN 1 Situbondo


Jawapes, SITUBONDO - Momen peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-63, Dinas Kesehatan (Dinkes) Situbondo lakukan monitoring giat Aksi Bergizi di sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat, salah satunya MTSN 1 Situbondo, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Rabu (25/1/2023).


Kabid Kesmas Dinkes Situbondo, Siti Mardiyah mengatakan, materi HGN di tahun ini adalah cegah stunting dengan mengkonsumsi protein hewani supaya terhindar dari anemia. Adanya aksi bergizi membiasakan lingkungan sekolah agar melakukan aktifitas fisik senam bersama guna menjaga kebugaran. Berikutnya, siswa-siswi sarapan bersama di sekolah dengan mengkonsumsi makanan bergizi sebelum melakukan aktifitas. Lalu, ada edukasi tentang gizi dan pemberian tambah darah (TTD) kepada remaja putri untuk mencegah potensi terjadinya anemia sejak dini.


"Remaja putri merupakan calon ibu yang harus disiapkan kondisi kesehatannya. Sehingga nanti harapannya menjadi ibu hamil bebas anemia dengan melahirkan bayi yang sehat tidak mengalami resiko stunting," jelasnya.


Peringati HGN ke-63, Dinkes Monitoring Giat Aksi Bergizi di Sekolah
Siswa-siswi MTSN 1 Situbondo melaksanakan senam bersama
dalam rangkaian kegiatan aksi bergizi


Sementara itu, Programer Ausrem, UKK dan Kesajaor Puskesmas Panji, Eka Agustin menambahkan, hari ini melaksanakan aksi bergizi di MTSN 1 Situbondo dengan rangkaian kegiatan meliputi senam bersama, siswa-siswi sarapan pagi bersama, memberikan tablet tambah darah untuk remaja putri dan literasi edukasi gizi dengan metode permainan. Kemudian, pihaknya melakukan pemeriksaan kadar hemoglobin (Hb) skreening anemia kepada remaja putri.


"Kegiatan ini baru dilaunching awal Bulan November kemarin dan diharapkan pihak sekolah mengadakan giat aksi bergizi setiap seminggu sekali. Kami dari petugas Puskesmas selalu siap," ucapnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama