Peringati Hari Nusantara, SD Muhammadiyah 22 Surabaya Kenalkan Karya Budaya

 

Peringati Hari Nusantara, SD Muhammadiyah 22 Surabaya Kenalkan Karya Budaya
Para Siswa-siswi SD Muhammadiyah 22 Dalam Rangka Memperingati Hari Nusantara 

Jawapes Surabaya - Dalam rangka memperingati Hari Nusantara serta lebih mengetahui ragam pesona warisan budaya Nusantara, SD Muhammadiyah 22 Surabaya menggelar berbagai karya tentang budaya Nusantara, Selasa (13/12/2022).


Kepala SD Muhammadiyah 22 Surabaya, Listianah, SE.I. menjelaskan sebagai warga negara Indonesia sangat penting menjaga persatuan, saling menghormati, serta memperkuat kerukunan meskipun beragam latarbelakang yang berbeda.


"Bertepatan dengan Hari Nusantara kita harus terus belajar mengenal dan mencintai Nusantara, serta siap berkontribusi untuk bangsa Indonesia", terang Listianah ketika mendampingi siswa kelas IV.


Lanjut Listianah, kejayaan Nusantara dimasa lalu hendaknya menjadi inspirasi bagi generasi masa kini dan mendatang untuk menunjukkan kemampuan sebagai bangsa yang besar, berdaulat dan sejahtera, maka persatuan harus terus diwujudkan, sejak diusia dini anak-anak harus lebih mengenal dan memberikan penghormatan atas keragaman bangsa di kawasan Nusantara.


"Dari aspek bahasa daerah yang aktif dipergunakan dalam berkomunikasi sehari-hari ada 718 bahasa daerah, tersebar  disejumlah pulau sekitar 17.000 pulau yang besar dan kecil, terbentang dari Sabang sampai Merauke, dengan 1.340 suku bangsa", imbuh Listiana.


Dilokasi yang sama, wali kelas IV A, ustadzah Wati memaparkan, para siswa kelas IV sejak di rumah sudah mempersiapkan perbekalan bahan belajar dalam rangka memperingati Hari Nusantara.


"Saat berbaris dihalaman sekolah para siswa menunjukkan peta pulau Indonesia, ada gambar pakaian adat, rumah adat, dan membawa alat musik dan beragam permainan tradisional", ungkap Wati.


Lanjutnya, ada beberapa kegiatan pembelajaran yang terkait dengan peringatan Hari Nusantara, diantaranya siswa mengenal ragam batik dan praktek menggambar batik, agar siswa lebih menyukai salah satu karya bangsa berupa batik Nusantara. 


Begitu pula Ustadzah Umi yang mendampingi siswa menyampaikan, berkarya menghias telur asin baik dengan mewarnai ataupun ditempeli lipatan kertas sehingga lebih menarik, dan berkarakter ceria. 


Dari karya tersebut diharapkan menginspirasi dalam usaha ekonomi dalam bentuk peternakan, perdagangan hingga penyajian makanan, harap Umi.


Selanjutnya, ustadz Andi Hariyadi di kelas sudah menyiapkan perangkat karaoke sederhana untuk bernyanyi. 


"Semula anak-anak masih merasa malu, tetapi terus diberikan pengertian dan motivasi untuk mengenal dan cinta budaya Nusantara dengan menyanyikan lagu lagu nasional dan daerah secara  bersama, dan akhirnya muncul keberanian untuk bernyanyi secara kelompok bergantian vokalnya hingga tampil sendiri seperti Rahmat, Arya, Aufar, Eyza dan Aura menyanyikan lagu daerah, sehingga ruang kelas semakin semarak mengikuti lagu yang didendangkan. Kegiatan ini sekaligus sebagai upaya menggali talenta dengan mencintai budaya Nusantara", tutup Andi Hariyadi. (Bintang)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama