PDAM Surabaya Luncurkan Aplikasi CIS untuk Mempermudah Pelanggan

 

PDAM Surabaya Luncurkan Aplikasi CIS untuk Mempermudah Pelanggan
Direktur Utama (Dirut) PDAM Surya Sembada Surabaya Arief Wisnu Cahyono 

Jawapes Surabaya - Guna meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan di era digitalisasi, PDAM Surya Sembada Surabaya meluncurkan aplikasi Customer Information System (CIS), Jumat (23/12/2022). Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi 'PDAM Surabaya' yang belum maksimal.


"Tujuan aplikasi ini untuk memudahkan pelanggan yang memiliki mobilitas tinggi dan jarang berada di rumah. CIS ini dapat diakses darimana saja. Ini upaya kami untuk semakin dekat dengan pelanggan," ujar Direktur Utama (Dirut) PDAM Surya Sembada Surabaya, Arief Wisnu Cahyono.



PDAM Surabaya Luncurkan Aplikasi CIS untuk Mempermudah Pelanggan 2


Menurut Arief, fungsi aplikasi ini telah diperluas. Tidak hanya memantau pencatatan meter air, tapi juga terintegrasi menjadi portal pembayaran nontunai. Simpel dan memudahkan pelanggan.


CIS disesuaikan dengan semakin meningkatnya kebutuhan pelanggan, yang tadinya hanya melihat informasi pemakaian, penyampaian keluhan, pencatatan meter mandiri dan pendaftaran pasang baru. Saat ini sudah bisa melakukan pembayaran nontunai.


"Di CIS ini ada fitur-fitur baru yang lebih memudahkan pelanggan, antara lain ada tambahan menu pembayaran tagihan, informasi gangguan air, dan informasi loket pembayaran. Kami ingin pelanggan dapat melakukan beragam keperluannya terkait pelayanan PDAM dalam satu genggaman melalui CIS," sambung dia.


Arief menjelaskan bahwa untuk menu pembayaran terdapat beberapa pilihan bank pada virtual account yang bisa dipilih pelanggan. Setiap bank yang dipilih akan menampilkan kode bayar yang akan dimasukkan pada saat melakukan pembayaran melalui ATM atau mobile banking. Selain virtual account pelanggan juga bisa menggunakan metode pembayaran QRIS.


Selain menu tersebut, juga ada tampilan mengenai informasi terbaru dari PDAM Surya Sembada yang selalu update, sehingga pelanggan dapat mengetahui informasi secara real time dan tidak tertinggal informasi terbaru.


Cara mendownload aplikasi ini sangat mudah. Pelanggan tinggal ketik kata kunci 'Customer Information System' di playstore pada telepon genggam dengan OS Android kemudian mengunduh aplikasinya.


Langkah selanjutnya mengisi informasi seputar data pelanggan, nama, nomor pelanggan, nomor HP. Kemudian pelanggan akan menerima SMS kode verifikasi/OTP (One Time Password) untuk masuk/login.


"Pelanggan yang men-download aplikasi ini tidak perlu khawatir tentang keamanan datanya, karena semua data itu tersimpan di server kami sendiri, dan kami jamin aman. Apalagi kami sudah ISO 27001dan sudah kerjasama dengan BSSN juga untuk keamanan sistem," beber dia.


Arief berharap semua pelanggan bisa mendownload aplikasi ini untuk kemudahan pelayanan PDAM.


"Hingga saat ini, aplikasi ini sudah didownload sekitar 100 ribu lebih, kami yakin akan terus bertambah seiring berjalannya waktu," pungkasnya.

(Bram)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama