Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Menyaksikan Prosesi Ruwat Jagat

Ribuan Masyarakat Tumpah Ruah Menyaksikan Prosesi Ruwat Jagat
Bupati Pacitan hadiri prosesi tradisi ruwat jagat 

 

Jawapes, PACITAN - Ribuan masyarakat tumpah ruah memadati jalan utama Kota Pacitan. Kehadiran mereka tak lain untuk mengikuti dan menyaksikan prosesi Ruwat Jagat yang terselenggara di Konsorsium Kangen Pacitan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan. 


Diawali dengan sajian tari bedhoyo, selanjutnya digelar doa bersama dipimpin oleh Ketua MUI Kabupaten Pacitan K.H.Abdullah Sajad. Selanjutnya, bupati secara simbolis melakukan potong tumpeng untuk diarak menuju panggung utama prosesi ruwat jagat di simpang empat Penceng, Sabtu (05/10/2022).


Melewati jalan utama Kota Pacitan, tumpeng dibawa dengan berjalan kaki menggunakan bendera panji Kabupaten Pacitan serta panji-panji dari 12 kecamatan. Sepanjang jalan berhias penjor janur. Masyarakat dari berbagai sanggar seni, komunitas dan sekolah menggelar beragam pertunjukan seni budaya. Kemudian, sepanjang jalan menuju panggung utama Perempatan Penceng ratusan tumpeng berjajar rapi siap untuk disantap bersama.


Setiba di panggung utama, bendera panji Kabupaten Pacitan serta panji-panji 12 kecamatan ditancapkan diatas gunungan raksasa setinggi kurang lebih 10 meter, tepat di Tugu Parasamnya Purnakarya Nugraha. Selanjutnya, dilaksanakan doa lintas agama dan suku untuk Pacitan yang aman, tentram, bahagia dan sejahtera.


"Ruwat jagat ini adalah momentum untuk kita bisa merenung apalagi dengan kondisi akhir-akhir ini banyak bencana. Semoga, dengan ruwat jagat ini akan  menambah empati, kewaspadaan dan menambah ikhtiar kita", kata Bupati Pacitan.


Mas Aji selaku Bupati Pacitan, mengajak seluruh masyarakat berdoa agar diberikan rasa cinta tanah Pacitan serta cinta terhadap masyarakat. 


"Melalui event ini, kami berharap Pacitan akan lebih dikenal lagi," ucapnya. (Tim)


Pembaca

Post a Comment

أحدث أقدم