Cegah Stunting Sejak Dini, Babinsa Koramil 02/Limpung Ajak Ibu-Ibu Rutin ke Posyandu

Cegah Stunting Sejak Dini, Babinsa Koramil 02/Limpung Ajak Ibu-Ibu Rutin ke Posyandu
Babinsa Koramil 02/Limpung Kodim 0736/Batang, Serma Arif Sujarwo saat dampingi Kader Posyandu.


Jawapes, Batang - Salah satu program utama Posyandu adalah menyelenggarakan pemeriksaan Bayi dan Anak Balita secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak agar cepat terditeksi apabila ada gangguan tumbuh kembang sejak dini. Sebanyak 35 Balita di Desa Kalisalak mengikuti pelaksanaan Posyandu dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dalam rangka mencegah Stunting anak sejak dini. 

Babinsa Koramil 02/Limpung Kodim 0736/Batang Serma Arif Sujarwo mengatakan, penimbangan Balita di Posyandu ini menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan untuk mengetahui tumbuh kembang anak.

"Posyandu merupakan salah satu upaya dari Pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan, khususnya untuk Ibu dan Anak," katanya saat mendampingi Kader Posyandu, Rabu (30/11/2022) di Desa Kalisalak Kecamatan Limpung Kabupaten Batang.

Menurutnya, semua kegiatan di Posyandu ini harus diawasi oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas dan Bidan Desa setempat. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan adalah mengecek tinggi dan berat badan anak balita, hal ini dimaksudkan untuk dapat memantau tumbuh kembang Bayi dan Balita sehingga dapat di deteksi sedini mungkin apabila ada masalah kesehatan yang dimiliki Bayi dan Balita.

"Ternyata hal ini penting dilakukan, karena berbagai alasan, termasuk untuk mencegah Stunting. Posyandu juga berperan sangat penting dalam menekan angka kematian anak balita,"  tutur Serma Arif.(Santo)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama