Rakor Regsosek Wujudkan Data Perlindungan Sosial Dan Pemberdayaan Masyarakat




Jawapes~BANJARNEGARA -Pejabat Plt Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto, SH membuka Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi 2022, yang digelar di Hotel Surya Yudha Park ruang Cinema II,pada Selasa (20/9/2022). 

Setelah membuka acara kemudislan dilanjutkan pemaparan Regsosek dengan tema Mencatat untuk Membangun Negeri, Satu Data Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat acara ini digelar sebagai awalan untuk mewujudkan program Desa Cantik di Kabupaten Banjarnegara.

Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) merupakan Program percepatan Penguatan Statistik Sektoral secara nasional yang dilaksanakan pada tingkat Pemerintahan terkecil dan sekaligus sebagai salah satu implementasi Program Satu Data Indonesia.




Pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif. Program ini telah dilaksanakan di tahun 2021 dan akan dilaksanakan kembali di tahun 2022.
Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Tujuan berikutnya yaitu Standardisasi Pengelolaan Data Statistik untuk menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik. Selanjutnya adalah optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa/kelurahan tepat sasaran. 
Tujuan yang terakhir adalah untuk membentuk agen agen statistik pada level desa/kelurahan.

Program Desa Cantik (desa cinta stastistik) ini akan dilaksanakan pada tingkat desa dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan. Diantaranya yaitu keberadaan komputer atau internet di kantor desa/kelurahan serta memiliki potensi wisata atau potensi produk unggulan atau potensi lokal.

Karena keterkaitan akan data yang berkesinambungan, terintegrasi dan komprehensif giat ini dihadiri oleh seluruh kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Ormas NU, Muhamadiah, Syariat Islam, Perwakilan RSI, IMANUEL, PKU MUH, STIE TAMBARA, Polibara,STIE TAMHO, DPC Aliansi Wartawan Indonesia (AWI), Kadin Banjarnegara, dan beberapa OPD yang terdiri dari Kepala Badan dan Dinas juga Camat dari 20 Kecamatan di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Giat ini diisi pemaparan materi yang disampaikan sejumlah narasumber seperti, Akademisi Tuswandi, SPd Med, PhD In Ed dengan tema Bisakah Kiskinam terdellet Pendidikan, Kepala Dinas Sosial Drs Noortamami, MPd, dengan judul materi : Pemanfaatan DTKS dalam Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Banjarnegara. Kepala  BPS Banjarnegara, Retno Setyowati,SSI, MT, M.Si dengan judul : Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi Satu Data Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat. 
Kepala Bidang Perencanaan Pemerintahan dan Pembangunan Manusia, Bappeda Banjarnegara, Agung Prabowo, SH,MSi sebagai Moderator, Sekda Banjarnegara Drs Indarto, MSi dengan judul : Peranan Pemda  Dalam Rangka Pelaksanaan Regsosek upaya Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Kabupaten Banjarnegara.

Dan terakhir, Ketua Panitia Tim Statistik Sosial BPS Kabupaten Banjarnegara, ,Ir  Subagyo, MSI yang memberikan awalan sebelum pebukaan Regsosek terkait Penjelasan Umum Desa/Kelurahan Cinta Statistik. Dalam acara tersebut juga hadir Ketua DPRD Banjanegara, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Kodim, Polres dan Kejaksaan negeri Banjarnegara

(One)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama