Peserta Pelatihan Procesing TPHP Akan Diuji Kompetensi Oleh LSP

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Situbondo memberikan sambutan pada acara pembukaan pendidikan dan pelatihan keterampilan processing TPHP


Jawapes, SITUBONDO
- Upaya peningkatan keahlian produktivitas tenaga kerja, pemerintah daerah melalui Dinas Ketenagakerjaan Situbondo adakan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan Processing Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP) bagi Pencari Kerja berdasarkan Klaster Kompetensi, yang pelaksanaan pembukaannya berlangsung di Aula UPT BLK, Senin (12/9/2022).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan Situbondo Didik Sulistiyono, SH., M.Si., mengatakan, pihaknya mengadakan kegiatan pelatihan secara kontinu dengan tujuan untuk mengurangi tingkat pengangguran terbuka yang saat ini berada diangka 3,68 persen dan menekan angka kemiskinan. Kemudian, setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan para peserta nantinya dapat membuka usaha kerja secara mandiri dan bahkan mampu menciptakan lapangan kerja, sehingga bisa merekrut tenaga kerja.

"Saya berpesan ikuti pelatihan dengan serius dan manfaatkan momen ini sebaik-baiknya. Pelatihan keterampilan processing TPHP dilaksanakan selama 30 hari. Selanjutnya peserta akan diuji kompetensi selama 2 hari oleh asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Pertanian, dan nantinya mendapatkan sertifikat kompetensi. Mudah-mudahan bisa lulus semua," ujarnya.

Didik Sulistiyono menerangkan, jumlah peserta yang mengikuti pelatihan processing TPHP saat ini sebanyak 20 orang dan sebelumnya telah melalui tahap seleksi. Mereka diajarkan tekhnologi pengolahan hasil pertanian oleh instruktur BLK Situbondo, seperti cara pembuatan kue dan olahan makanan lainnya. Sehingga hasil produknya bisa dipasarkan untuk menambah penghasilan ekonomi. 

"Kegiatan pelatihan ini bersumber dari anggaran DBHCHT, maka untuk sasaran peserta pelatihannya adalah masyarakat pencari kerja produktif yang berasal dari daerah penghasil tembakau," ungkapnya.

Sementara itu, Kasubag TU UPT BLK Situbondo Amroji memberikan apresiasi kepada Disnaker yang telah mengadakan pelatihan processing TPHP untuk pembekalan ilmu kepada peserta. Ilmu yang didapat dari instruktur BLK bisa jadi inovasi dan inspirasi, serta dapat terus dikembangkan oleh peserta pelatihan.

Pantauan awak media, pembukaan acara pelatihan turut dihadiri Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Muhammad Hasanuddin Riwansia, Kabid Pelatihan Kerja dan Produktifitas Disnaker Situbondo Maharani Arkizatul Mamlu'ah, SH., beserta staff, instruktur UPT BLK dan diikuti 20 orang peserta. (Fin/Shu)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama