Danrem 084/BJ Tinjau Lahan Pertanian Kodim 0816/Sidoarjo


Jawapes, SIDOARJO
- Danrem 084/BJ Brigjen TNI Terry Tresna Purnama melaksanakan peninjauan lahan pertanian Kodim 0816/Sidoarjo yang berlokasi di Desa Sawotratap RT07/12 Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo, Sabtu (27/8/2022). 


Turut hadir dalam kegiatan peninjauan Ketua Persit Candra Kirana Korcab  Rem 084, Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono, Kasdim 0816/Sidoarjo Mayor Chb Suprianto, Pasiter 0816/Sidoarjo Kapten Chb Kamsuri, WS Danramil 0816/17 Gedangan Letda Inf Nor Qomari dan Babinsa Sawotratap Koptu M. Rifa'i.  


Dalam peninjauan, terlihat lahan tersebut ditanami Timun Mas. Babinsa Sawotratap menyampaikan tentang sistem penanaman dan pengelolaan lahan Kodim 0816/Sidoarjo.


Dijelaskannya, lahan pertanian seluas 7 Ha, masa produktif dalam satu tahun, tiga kali tanam, dua kali tanam padi, satu kali buah Timun Mas, bergantung pada cuaca. 


Alasan para petani menanam Timun Mas karena diyakini Timun Mas waktu panen dan penjualan lebih cepat dapat meningkatnya taraf hidup masyarakat saat ini, yang mulai memperhatikan pola hidup sehat melalui peningkatan konsumsi sayuran, menuntut ketersediaan produk berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi. Disamping itu, perawatannya lebih mudah. Tidak perlu banyak air untuk penyiraman sebab termasuk jenis tanaman tahan kekeringan. 



Lanjutnya, hal ini merupakan peluang pasar yang cukup besar sehingga menuntut adanya upaya peningkatan produksi dan mutu produk sayuran. Salah satu jenis sayuran yang diminati untuk dikonsumsi masyarakat adalah mentimun yang dapat dibudidayakan. 


Dandim 0816/Sidoarjo Letkol Inf Masarum Djati Laksono menyampaikan, Kami selaku aparat teritorial akan selalu siap dalam membantu perekonomian masyarakat dan memberdayakan wilayah sehingga bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat, memberdayakan wilayah untuk bercocok tanam sesuai dengan ketersediaan lahan yang ada. "Sehingga ekonomi kerakyatan berkembang," jelas Letkol Inf Masarum Djati Laksono. 


"“Kita optimalkan lahan-lahan yang ada, baik untuk pertanian atau peternakan yang ada di wilayah Sidoarjo ini," pungkasnya.(tyaz)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama