Sekilas Mengenal Debby Kurniawan, Anggota DPR RI Partai Demokrat Dapil X Jawa Timur



Debby Kurniawan Anggota DPR RI Jatim Dapil X

Jawapes, LAMONGAN - Guna memperdewasa ilmu pengetahuan politik khususnya, bagi publik dan seluruh lapisan atau kalangan masyarakat yang ada saat ini, baik dalam wilayah kota maupun tata kelola kehidupan di pedesaan. Era milenium global menuntut dari berbagai pihak untuk tidak hanya mengikuti dan mengerti saja tentang proses demokrasi dan prilaku para politikusnya.

Pola hidup demokratis dalam segala aspek, mestinya dalam kurun waktu yang hampir mencapai satu abad, Negara Kesatuan Republik Indonesia beserta segenap tumpah darahnya, seyogyanya telah sampai pada puncak pencapaiannya yaitu keadilan sosial tidak hanya bagi seluruh rakyat dan bangsa Indonesia namun juga dapat dirasakan oleh segenap umat manusia dimuka bumi ini.

Bersama Debby Kurniawan, dari tanah kelahiran wilayah daerah berpenghasilan tanaman pangan seperti padi dan jagung, dan tercatat terbesar dalam memenuhi kebutuhan pokok pangan Nasional, ialah wilayah daerah kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Lebih mengenal serta mengupas sedikit tentang perjalanan hidup dan karir dalam berkiprah dari sosok atau tepatnya figur Debby Kurniawan, selain sebagai anak bangsa pada umumnya yang tertuntut dan wajib bagi putra-putri pertiwi untuk memiliki jiwa peduli dan terlebih rasa tanggung jawab dalam turut serta berkontribusi mengisi dan menghiasi kemerdekaan negara dan bangsa sesuai potensi dan kapasitasnya.

Debby Kurniawan adalah putra dari H. Fadeli (almarhum) Bupati Lamongan yang berhasil menduduki jabatannya selama dua kali periode, tentu menjadi modal basic yang mentereng dan penuh percaya diri tentunya, disertai pula masa muda yang aktif dalam berbagai organisasi, baik organisasi sosial kemanusiaan seperti organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, juga organisasi keagamaan, organisasi yang tak kalah prestisiusnya yaitu berhubungan erat dengan nilai-nilai religiuitas ke-Tuhan-an.

Tak ayal, Debby Kurniawan setelah mampu menyakinkan konstituennya sebagai politisi muda dari partai berlambang Bintang Mercy, kini dirinya telah resmi berkedudukan sebagai Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Periode Tahun 2019-2024.

Lima tahun telah menjadi konstitusi batas waktu perundangan dalam penyelenggaraan pemerintahan, adalah lazim jika terdapat dua kubu dalam keberlangsungannya, kubu oposisi dan atau kubu yang tergabung dalam eksekutif pemerintah adalah menjadi lambang kepastian sebuah wujud harmoni yang sekaligus menjadi parameter atau indikasi kuat jika segenap bangsa Indonesia telah sadar dan mampu dewasa dalam penyelenggaraan bernegara.

Mengangkat tema seseorang yang mewakili tokoh publik figur politisi bangsa Indonesia yaitu Debby Kurniawan dari Partai Demokrat dengan perolehan suara mencapai 117.523 Dapil 10 Jawa Timur, aktif di Komisi X DPR RI membidangi Pendidikan, Olah Raga dan Sejarah.

Terlahir 41 tahun yang lalu atau tepatnya pada tanggal 07 September 1981 diwilayah daerah kabupaten Lamongan Jawa Timur, putra dari Bupati Lamongan yang dalam waktu masa periode menjabat secara bersamaan adalah dengan Debby Kurniawan menjabat selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lamongan.

Menjadi catatan, dan telah habis fikir pada umumnya, "bahwa tidaklah derajat kedudukan bagi setiap manusia itu akan mendapat kesempatan yang sama" bila mengingat Ke-Adilan-Nya, namun jika menimbang pentingnya kedudukan yaitu sebagai pejabat teras daerah yang secara bersamaan dalam satu keluarga tentu sangatlah mulia dan terhormat.


Berikut sekelumit alur perjalanan karir dan kiprah Sang Politisi Muda Debby Kurniawan, putra asli kota Soto Lamongan Jawa Timur.

Seorang Akademisi, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Wilayah Daerah Kabupaten Lamongan, entah apa yang melatar belakangi memimpin partai besutan Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut sejak tahun 2012 silam sampai saat ini (2022) masih memimpin partai berlambang Bintang Mercy tersebut.

Debby Kurniawan, tercatat sebagai dosen di Universitas Islam Lamongan (UNISLA ) pada tahun 2007-2012. Bendahara Gerakan Pemuda atau GP Ansor Lamongan. Selanjutnya, sebagai pimpinan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) di kabupaten tersebut, hingga menjadi Wakil Ketua Jam'iyyah Ahlith Thariqah al-Mu'tabarah an-Nahdliyyah atau Jatman Lamongan. Jatman adalah badan otonom yang berada di bawah naungan Nahdlatul Ulama (NU) yang beranggotakan tarekat-tarekat muktabarah di seluruh wilayah Indonesia.

Menjadi kesimpulan, melalui karya jurnalistik ini yang terkemas dalam berita fitur, selain hanya sebuah referensi bagi para pembaca, besar harapan dalam memenuhi kapasitas peran dan fungsi pers media yang bertanggung jawab yaitu bermanfaat dalam menambah khasanah pengetahuan publik dan segenap para pihak, mengambil hikmah baik tentang tokoh, suri tauladan dan/atau figur sebagai seorang pendidik, aktifis, akademisi, politisi dan hikmah yang lainnya, dalam rangka turut bertanggung jawab mencerdaskan segala aspek kehidupan baik kehidupan sosial bermasyakat, berbangsa dan bernegara dalam bingkai demokrasi.



Profil dan Biodata ;
# Nama: DEBBY KURNIAWAN SKOM
* No Anggota: 558
* Fraksi: Partai Demokrat
* Daerah Pemilihan: Jawa Timur X
* Lahir: Lamongan, 07 September 1981
* Agama: Islam

# Riwayat Pendidikan:
SDN Jetis 3 Lamongan 1988-1994
- SMPN 1 Lamongan 1994-1997
- SMAN 2 Lamongan 1977-2000
- S1 Sistem Informasi UPH. Tangerang 2000-2004.
# Riwayat Pekerjaan:
- Dosen Universitas Islam. Lamongan 2007-2012.
- Ketua DPRD Lamongan 2014-2019
# Riwayat Organisasi:
Ketua DPC Kabupaten Lamongan 2019-2023.
Ketua DPC Partai Demokrat 2017-2022.
Wakil Ketua Jatman PCNU Lamongan 2019-2024.

Ketua DPD KNPI Lamongan 2015-2019
Ketua DPC Partai Demokrat 2012-2017
Ketua DPD KNPI Lamongan 2011-2015
Bendahara Pengurus PPM
Bendahara PC GP Ansor.

Itulah sekilas tentang sosok Debby Kurniawan. (Sub/WLO)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama