Obor Takbir Keliling NU Ranting Purwokerto Kidul Berkobar, Sambut Hari Raya Idul Adha 1443 H


Jawapes, Banyumas -
Dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H - 2022 M, NU Ranting Purwokerto Kidul menyelenggarakan Takbir Keliling dengan di ikuti oleh pengurus Ranting NU, Muslimat, TPQ, Jamaah Nahdiyin dan Banser, Sabtu Malam (9/7/2022).

Kegiatan dimulai Pukul 19.30 dengan peserta kurang lebih 200 orang, sedangkan untuk rute takbir keliling dimulai atau Start dari Blok Kapling Jl. Pancurawis ke utara, lalu sebelum Kantor  Kelurahan Purwokerto Kidul belok kanan melewati RW.10 Jl. Sarwodadi kemudian naik ke Jl. Jend. Soedirman (kurang lebih 150 Meter) belok kiri melewati Jl. Karang Anyar tembus Jl. Pancurawis belok kanan dan sampai pertigaan RS. BUNDA belok kiri melalui Jl. Pramuka Timur. Selang 170 Meter peserta Takbir Keliling masuk ke Gg. Sidodadi lalu melintas di Jl. Bekas Rel yang kemudian Finish di Mushola Al-Biru.

Ketua NU Ranting Purwokerto Kidul Sodhikun menyampaikan, ucapan terima kasih kepada segenap Jajaran Syuriyah, PH dan Lembaga atas kerjasamanya sehingga kegiatan bisa berjalan lancar serta kepada warga Purwokerto Kidul yang juga pada malam ini bisa ikut berpartisipasi dalam rangka Takbir Keliling. 

"Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan ini, benar-benar mendapatkan ridlo dari Allah SWT," ucapnya.

Dan kami mohon kepada semua peserta Takbir Keliling untuk bisa tertib dan mengikuti arahan yang disampaikan oleh sahabat Banser, imbau Sodhikun sebelum peserta dipersilahkan jalan.

Sementara Eli (55) salah satu peserta Takbir Keliling dari warga RT.02/RW.01 mengungkapkan, bahwa Idul Adha adalah sebagai Hari Raya dalam Islam. Dan malam ini merupakan malam takbir sebagai malam untuk memperingati peristiwa kurban yang akan dilaksanakan besok, Minggu (10/7) yang sebelumnya umat muslim melaksanakan Shalat Id.

"Ketika Nabi Ibrahim A.S bersedia mengorbankan putranya, yaitu Ismail sebagai wujud kepatuhan terhadap Allah Swt. Dan sebelum Ibrahim AS mengorbankan putranya, Allah Swt menggantikan Ismail dengan domba," ungkapnya.

Tambahnya, dalam hal ini ada makna yang tersirat pada peringatan Hari Raya Idul Adha. Diharapkan kita umat manusia untuk bisa menjalankan apa yang diperintahkan dan apa yang dilarang oleh Allah Swt.

Antusias warga Kelurahan Purwokerto Kidul dalam menyambut Hari Raya Idul Adha ini penuh kebahagiaan, dimana sejak tahun 2019 segala aktifitas yang mengundang kerumunan dan aktivitas lainnya dilarang oleh aturan Pemerintah karena adanya Pandemi Covid-19 guna memutus mata rantai penyebarannya.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama