Dinas Sosial P3A Lumajang Bekerja Sama Dengan IOM Indonesia (UN Migration), Mengadakan Pertemuan Koordinasi Multisektoral



Jawapes Lumajang - Dinas Sosial P3A bekerja sama dengan IOM Indonesia (UN Migration) mengadakan Pertemuan Koordinasi Multisektoral pada hari Selasa tanggal 26 Juli 2022 di Tengah Kota Co Working Space


Kadis P3A Dra Dewi Sudiyanti menyampaikan ucapan terima atas kegiatan yang positif ini kepada IOM Indonesia sehingga Lumajang bisa adakan kegiatan pertemuan koordinasi multisektor.


Beliau menyampaikan bahwa Lumajang merupakan daerah rawan terjadi bencana alam seperti bencana erupsi saat di supiturang,banjir rutin di Rowokangkung, gempa di kaliuling, puting beliung di Pasru dan erupsi gunung Semeru awan panas guguran. 


" Setiap ada bencana pasti ada solusi jadi kita harus waspada dan terus mencari pemecahan yang terbaik," tuturnya.


Seperti Covid 19 yang terjadi diakhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 , dimana semua kegiatan terhambat dan saat terjadi bencana pun realwan dan instansi terkait di bidang penanggulanan bencana harus membantu dengan tetap taati protokol kesehatan.


" Dinas sosial P3A mengucapkan rasa terimakasih kepada Kementerian Sosial, Dinas sosial provinsi Jawa timur atas bantuan kepada ahli waris korban yang meninggal karena covid-19  dan korban meninggal atas musibah APG Semeru yang diberikan kepada ahli warisnya," tindasnya.


Saat terjadi bencana APG Semeru merupakan bencana nasional saat terjadi di Candipuro dan Pronojiwo banyak terjadi pengungsian, dan semua pihak sudah sangat membantu membantu sehingga bisa ditangani dengan baik malahan sudah difasilitas dengan adanya Huntap dan Huntara dari total 1951 KK. Harapannya dengan kegiatan ini nantinya bisa mengajak semua pihak untuk membantu persoalan yang terjadi baik itu terhadap disabilitas maupun korban kelompok rentan.


Ni Nyoman Anna Marthanti selaku Project Assistant III unit DCR ( Disaster, Climate, Resilience) IOM Indonesia, mengucapkan terima kasih bisa bekerja sama dengan dinas sosial P3A Lumajang dalam acara pertemuan koordinasi Multisektoral, untuk peserta yang hadir meliputi Dinas Sosial P3A Lumajang , Organisasi Perempuan Aisyiyah Lumajang, Organisasi Perempuan Muslimat NU, HWDI Lumajang , Disability Motorcycle Lumajang , PPDI Lumajang, dan rekan Media.


Beliau menyampaikan kegiatan IOM Indonesia sudah berjalan mulai bulan Februari dengan beberapa kegiatan penguatan kapasitas dan pertemuan dikawasan kecamatan Pronojiwo dan Candipuro sebagai daerah yang terdampak langsung akibat musibah Awan Panas Guguran serta di Lumajang. IOM Indonesia senang sekali bisa langsung berinteraksi dengan rekan dari penggiat dan relawan kebencanaan serta komunitas lainnya, harapannya ingin bersama sama untuk menguatkan koordinasi dan komunikasi antar sektor dalam menangani respon bencana.


Selanjutnya, ingin menggali potensi serta pembelajaran dari masyarakat setempat, organisasi perempuan dan disabiltas serta relawan bagaimana dalam menghadapi bencana yang terjadi baik itu bencana alam maupun bencana sosial, sedangkan covid -19 merupakan bencana non alam. Masukan dari organisasi perempuan dan disabiltas yang menjadi peserta pertemuan koordinasi kali ini menjadi masukan dalam memutakhirkan pedoman untuk penanganan bencana.


" Terkait pengungsian dan perlindungan nasional perlunya kerja sama semua pihak agar kedepan bisa menghasilkan langkah langkah kongkrit dalam penanganan serta respon kebencanaan," tuturnya.


Narasumber dalam kegiatan pertemuan koordinasi Multisektoral Suhariyanto selaku Kabid perlindungan anak dan pelayanan rehabilitasi sosial, Darno Kabid perlindungan dan jaminan sosial, Bawuk Sulikati sebagai penyuluh sosial muda pada bidang perlindungan dan jaminan sosial dan 

Salli penyuluh muda pada bidang perlindungan anak dan pelayanan rehabilitasi sosial.


Muslimin Ketua Persatuan Penyandang Disabelitas Indonesia Lumajang, menyampaikan bahwa ada beberapa difabel mereka terdampak dan pindah lokasi dan di tempat pengungsian ada beberapa difabel belum ada indentitas dan Alhamdulillah semua bisa dibantu atas kerja sama dari dinas terkait dan PPDI Lumajang. 

"Alhamdulillah dengan dilaksanakan kegiatan pertemuan koordinasi Multisektoralyang digagas oleh IOM Indonesia bisa menambah ilmu dan pengetahuan di bidang kebencanaan" Kata Muslimin

(Eko.S) 


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama