Bupati Situbondo Resmi Membuka Acara Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022

Bupati Situbondo didampingi jajaran Forkopimda secara resmi membuka acara peringatan HAN tahun 2022 yang ditandai dengan pengguntingan tali balon

 

Jawapes, SITUBONDO - Pada momen HAN Tahun 2022, Pemkab Situbondo melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) menyelenggarakan acara  peringatan Hari Anak Nasional (HAN) dengan mengusung tema "Kita Anak Situbondo, Sehat dan Berjaya", bertempat di Gazebo Alun-alun Kota, Sabtu (23/7/2022).


Dalam sambutannya, Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM., mengatakan peringatan HAN tahun ini merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.


"Hari ini adalah momen penting untuk anak-anak di seluruh Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Situbondo. Sebab saat ini kita mengadakan pesta untuk memberikan apresiasi pada anak-anak sebagai generasi bangsa dengan menggelar sejumlah acara," ucapnya.


Bupati Situbondo menjelaskan, adapun beberapa acara yang digelar pada peringatan HAN tahun ini, antaranya pameran kreatif anak Situbondo, pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil, pelayanan kesehatan gratis, pelayanan pojok membaca, tampilan produk olahan makanan bergizi dari UP2K binaan PKK, vocal solo competition, lomba mewarnai, festival makanan sehat dan ditutup dengan malam puncak festival anak Situbondo, kemudian ada lomba gemar makan ikan (gemari). Peringatan HAN harus terus dilaksanakan untuk meningkatkan kreativitas dan partisipasi anak dalam berbagai hal, sehingga kedepannya daya inovasi anak akan terus tumbuh dan berkembang.


"Kita patut berbangga karena semalam kepala DP3APPKB Situbondo telah menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) predikat nindya dari Kementerian PPPA, jadi ada peningkatan. Sebab di tahun kemarin kita memperoleh penghargaan KLA predikat madya. Tentu hal ini menjadi kebanggaan kita bersama. Komitmen kita adalah menjadikan kabupaten Situbondo sebagai kota layak anak akan terus ditingkatkan setiap tahunnya," ungkapnya.


Pantauan awak media, Bupati Situbondo secara resmi membuka langsung acara Hari Anak Nasional dan penutupan gebyar stunting kabupaten. Kegiatan tersebut turut dihadiri jajaran Forkopimda Situbondo, Ketua TP PKK, Kepala OPD, Ketua Forum Camat dan Ketua pelopor peduli disabilitas. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama