DMI Kecamatan Bungatan Adakan Festival Gema Takbir Memperebutkan Piala Camat

Ketua DMI Kecamatan Bungatan bersama Kepala Desa Blitok dan para peserta  juara lima besar lomba festival gema takbir usai penyerahan hadiah


 Jawapes, SITUBONDO -  Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1443 H, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pemerintah Kecamatan Bungatan mengadakan lomba Festival Gema Takbir selama dua hari, untuk memperebutkan piala bergilir Camat Bungatan, bertempat di halaman Masjid Jami' Baiturrahman, Desa Bungatan, Sabtu (9/7/2022) malam.

Dikonfirmasi awak media, Mas Abdul Haris Ahsan Ketua DMI Kecamatan Bungatan menjelaskan, tujuan utama penyelenggaraan festival gema takbir yaitu sebagai bentuk syiar agama Islam dan untuk memeriahkan Hari raya Idul Adha 1443 H. Kemudian melalui kegiatan ini dapat dijadikan ajang silaturahmi antar pengurus takmir masjid, sebab peserta yang ikut festival gema takbir meliputi perwakilan dari beberapa masjid di wilayah Kecamatan Bungatan. Perlu diketahui, jumlah masjid yang ada di Kecamatan Bungatan sebanyak 41, tetapi yang mengirimkan utusan turut berpartisipasi hanya ada sekitar 17 masjid.

"Festival gema takbir diselenggarakan mulai kemarin dan kita seleksi lagi pesertanya menjadi lima besar. Pada malam hari ini adalah puncak acara lomba karena para peserta bersaing lagi di babak lima besar untuk penentuan juara satu, juara dua, juara tiga, harapan satu dan harapan dua. Tim seleksi lomba dari dewan juri indenpenden," terangnya.





Lebih lanjut, Ketua Cabang DMI Kecamatan Bungatan mengatakan, setelah pelaksanaan lomba, para dewan juri langsung rapat bersama dan mengumumkan nama-nama pemenang pada malam final festival gema takbir. Yaitu juara satu diraih oleh utusan Masjid Al-Falah Baedawi dari Desa Blitok, juara dua diraih oleh utusan Masjid Nurul Huda yang berlokasi di Desa Bungatan, juara tiga diraih oleh delegasi Masjid Nurul Hidayah dari Sumber Tengah, lalu harapan satu diraih oleh utusan Masjid Nurul dari Tegal Cina dan terakhir posisi harapan kedua diraih oleh utusan Masjid Al-Falah Pesisir berlokasi di Desa Blitok.

"Kami ucapkan terima-kasih kepada semua pihak yang telah turut mensukseskan kegiatan festival gema takbir," ucapnya.

Abdul Haris menambahkan, ada lima kategori penilaian pada peserta yang dilakukan oleh dewan juri dalam menentukan pemenang lomba yakni dari segi lagu dan intonasi, penilaian bacaan, dari segi kekompakan antara bacaan takbir dengan iringan musik dinilai dari segi adab dan terakhir penilaian kerapian setiap masing-masing kelompok peserta. Peserta pemenang lomba di lima besar mendapatkan hadiah piala, sertifikat dan uang pembinaan.

Berdasarkan pantauan awak media, acara tersebut dihadiri langsung Sekcam Bungatan Junaidi beserta staff, Kepala Desa, Takmir dan pengurus masjid serta diikuti para peserta lomba. (Fno/Shu)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama