Amankan Sebelas Pemuda, Kapolres Situbondo Berikan Pembinaan

Kapolres Situbondo berikan pembinaan dan edukasi tentang bahayanya petasan kepada sebelas pemuda yang diamankan


Jawapes, SITUBONDO - Kapolres Situbondo AKBP Dr Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. berikan edukasi dan pembinaan kepada belasan pemuda yang diamankan petugas Polsek Kendit karena dilaporkan oleh warga atas perbuatannya melempar petasan atau mercon ke dalam salah satu rumah warga. Kejadian tersebut terjadi pada, Jum’at (8/4/2022) dini hari sekitar pukul 02.00 Wib.


Kronologisnya ada sebelas orang pemuda sedang berpatroli sahur dan menyalakan petasan, lalu dilempar kedalam rumah Akhmad Noer Noeris (28), warga Dusun Krajan Tengah, Desa Balung, Kecamatan Kendit. Karena membahayakan, akhirnya pemilik rumah langsung melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Kendit dengan membawa bukti rekaman CCTV.


Kapolres Situbondo mengatakan bahwa atas kejadian tersebut, Polsek Kendit telah mengamankan sebelas remaja untuk mendapat pembinaan dengan didampingi orang tuanya masing-masing dan disaksikan kepala desa. Mereka diberi pemahaman atas bahayanya bermain petasan atau mercon, apalagi sampai dilempar ke dalam rumah warga yang bisa berpotensi meresahkan masyarakat serta menimbulkan gangguan Kamtibmas.


"11 orang pemuda sudah diamankan oleh Polsek Kendit untuk diberikan pembinaan serta membuat pernyataan tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Kemudian ditanda-tangani oleh yang bersangkutan dan mengetahui orang tuanya juga kepala desa," jelas AKBP Dr Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H., Minggu (10/4/2022).


Selain itu, Kapolres AKBP Dr Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H. juga menekankan kepada orang tua supaya mengingatkan anak-anaknya terkait bahaya petasan atau mercon agar tidak merugikan dan membahayakan nyawa orang lain.


"Tolong para orang tua ingatkan pada anak-anak tentang dampak bahaya petasan atau mercon. Apabila sampai membuat orang celaka maka perbuatan tersebut bisa diproses hukum pidana," tegasnya.


Adapun kesebelas pemuda dan remaja yang diamankan oleh Polsek Kendit, diantaranya inisial HR (26), Oy (21), AS (21), NJ (19), RN (17), DF (16), AJ (16), SI (14), SA (14), IS (14), dan SP (13). Semuanya adalah warga Kecamatan Kendit.


Pembinaan terhadap sebelas pemuda pelempar petasan disaksikan oleh Kepala Desa Balung Sawari, Kasi Trantib Satpol PP Kendit Sudiyanto, Ketua FKUB Situbondo KH Yusron Safrowi, Babinsa Sertu Suherman dan Kasun Karang Polo Andriyanto. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama