Pemdes Realisasikan Enam Program AKD Jatim Guna Pengembangan Ekonomi dan Kesehatan

Samsuri Abbas Sekretaris AKD Situbondo saat menghadiri Musda AKD Jatim


Jawapes, SITUBONDO - Perwakilan pengurus Asosiasi Kepala Desa (AKD) Situbondo hadiri acara Musda Jatim yang diselenggarakan selama 2 hari, yaitu Tanggal 16 sampai 17 Maret 2022, bertempat di Hotel Amarta Hills, Kota Batu. 


Saat dikonfirmasi oleh awak media diruang kerjanya, Jumat (18/3/2022). Sekretaris AKD Situbondo Samsuri Abbas mengatakan saat Musda kemarin, yang menjadi pembahasan adalah tentang AD/ART dan terobosan program AKD Jatim ke depan. Antara lain yaitu pertama program membuka agen mandiri setiap desa yang ada di Jawa Timur, jadi kepala desa menjadi manager Bank Mandiri didesanya masing-masing. Lalu yang kedua diharapkan ada toko obat di desa. Program ketiga yaitu mendirikan Bumdesmart semacam swalayan dan yang mengelolah adalah pihak pemerintah desa, sehingga 40 persen isi barang dagangannya adalah produk hasil desa.


Selanjutnya program keempat yakni mendirikan Pertamina desa (Pertades) pada masing-masing desa. Program kelima, seluruh desa membangun lumbung pangan yang tujuannya untuk menyediakan ketersediaan pangan di desa. Keenam adalah program dokter spesialis sambang desa, jadi nanti ada dokter spesialis yang langsung datang ke desa untuk memeriksa warga, sebab selama ini masyarakat kalau sakit datang ke tempat praktik dokter.


"Alhamdulillah keenam program tersebut akan didukung oleh Pemprov Jatim. Mudah-mudahan interaksi antara Pemdes dan Pemprov terjalin dengan baik. Kita fokus pembangunan di masing-masing desa dan akan realisasikan keenam program tersebut yang dilaksanakan secara bertahap. Saat ini masih dalam tahap proses," jelas Samsuri (Pria Yang juga menjabat sebagai Kades Curah Cottok).


Lebih lanjut, Ia menambahkan semua program dikelola murni secara bisnis melalui agen Bank Mandiri dan tidak menggunakan anggaran desa.


"Keenam program ini, kita tujukan fokus untuk pengembangan bidang ekonomi dan kesehatan di desa. Tentunya secara pribadi untuk penguatan kepala desa," pungkasnya. (Fin/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama