Achmad Husein Bersama Forkopimda Tinjau Lokasi Pemukiman Banjir di Sumpiuh



Jawapes, Banyumas - Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein bersama Kapolresta Banyumas dan Dandim 0701 Banyumas meninjau lokasi banjir di Kecamatan Tambak dan Sumpiuh, Selasa (15/3/2022). Sedikitnya ada tiga desa yang mengalami banjir cukup parah di wilayah Kecamatan Sumpiuh.

"Kalau di total, desa yang ada di Kecamatan Sumpiuh dan Tambak terdampak paling parah itu ada tujuh desa dan Jumlah KK yang terdampak itu ada ribuan," kata Bupati Husein.

Untuk penanganan awal, Pemkab langsung berkoordinasi dengan pihak terkait serta mendirikan tempat pengungsian dan dapur umum. Menurut Bupati, penyebab banjir tersebut adanya hujan deras yang durasinya lama yaitu dari hari Minggu hingga Selasa dinihari. 



"Apalagi di Tambak itu daerah cekungan, jadi setiap tahun langganan banjir,” katanya.

Untuk wilayah Kecamatan Tambak, Bupati sudah berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak terkait rencana normalisasi sungai di wilayah tersebut.

"Dulu sudah dirancang normalisasi oleh balai besar, ada pembuatan danau rencananya, terangnya. 

Salah satu warga Desa Pandak Kecamatan Sumpiuh, Ruminah mengungkapkan, hujan terjadi sejak kemarin malam dan air mulai membanjiri rumahnya. Meski demikian dia tetap bertahan di rumahnya walaupun ketinggian air mencapai 30-50 cm.

"Semoga cepat surut, jadi di sini saja dulu menunggu rumah, sudah biasa banjir," katanya.

Dari pantauan, ribuan rumah di Kecamatan Tambak dan Sumpiuh Kabupaten Banyumas terendam banjir karena air yang menggenang cukup tinggi dan sejumlah warga Desa Pandak terpaksa mengungsi di halaman Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) tak jauh dari lokasi.(Cpt)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama