Penguatan Desa, Apdesi dan Unars Situbondo Lakukan Penandatanganan MoU

Prosesi Penandatanganan MoU antara pihak Apdesi Situbondo dan Perguruan Tinggi Unars

 

Jawapes, SITUBONDO - Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Situbondo jalin kerja-sama dengan perguruan tinggi Universitas Abdurrachman Saleh (Unars) dibidang pendidikan melalui penanda-tanganan MoU, bertempat ruang pertemuan Unars Situbondo, Rabu (5/1/2022). Acara tersebut dihadiri langsung Rektor Unars Situbondo, Wakil Rektor, Ketua dan anggota Apdesi Situbondo.


Drs. Karnadi, M.Si., selaku Rektor Unars Situbondo mengatakan pihaknya menyambut baik adanya sinergitas yang dibangun bersama Apdesi. Sehingga harapannya dapat membangun dan memajukan pemerintahan desa yang ada di Kabupaten Situbondo khususnya. Perguruan tinggi Unars menerapkan program kampus merdeka, jadi mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran di luar kampus selama satu semester dan mendapatkan nilai SKS, salah satunya dengan cara magang di pemerintahan desa. Lalu, MoU yang ditanda-tangani berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian, penelitian dan pembelajaran.


"Membangun Kabupaten Situbondo harus dilakukan bersama-sama dengan melibatkan semua elemen masyarakat. Seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi ataupun elemen lainnya. Unars Situbondo telah memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah, antaranya peningkatan SDM, memberikan pelatihan digital marketing kepada pelaku UMKM Situbondo, memetakan potensi desa yang digarap oleh mahasiswa KKN dan memberikan beasiswa kepada masyarakat yang kurang mampu," jelasnya.


Sementara itu, H. Juharto selaku Ketua Apdesi Situbondo menyampaikan rasa terima kasih kepada rektor beserta para dosen yang telah memberikan ruang kepada kepala desa dalam mengembangkan kapasitas bidang pendidikan, seperti pemdes agar mengirimkan warganya untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Unars Situbondo. Selain itu kedepannya diharapkan juga ada kerja-sama bidang pertanian, hukum, ekonomi, teknologi dan lainnya, sehingga dapat menggali potensi yang ada disetiap desa.


"Tujuan dari MoU ini adalah untuk penguatan desa. Terkait tekhnis kerja-sama MoU, nanti kami akan mengumpulkan semua kepala desa untuk menerima penjelasan dan pemahaman dari pihak Unars," katanya (pria yang juga menjabat sebagai Kades Banyuputih). (Fin/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama