Bupati Lumajang Buka Deklarasi Desa Model Layak Anak




Jawapes Lumajang - Desa Gesang dan Jokarto deklarasi sebagai Desa Model Layak Anak. Deklarasi disaksikan langsung oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq di Sumber Takir Jokarto, Tempeh, Kamis (14/10/2021).

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan bahwa dalam memberikan pendidikan terhadap anak saat ini memiliki tantangan yang dinamis. Menurutnya anak saat ini berbeda dengan anak sebelum mengenal gadget.

Bupati berpandangan bahwa sebelum adanya gadget anak lebih memiliki interaksi dengan lingkungan, memiliki jiwa sosial dan emosional terhadap sesama yang lebih baik.

"Kalau kita tidak mengantisipasi problem ini akan menjadi persoalan yang akut, untuk itu perlu adanya upaya yang serius seperti adanya forum anak, kegiatan pemberdayaan seperti yang dilakukan Mbak Asih di Omah Sinau Gesang perlu direplikasi di tempat lain," tuturnya.

Dengan berbagai problematika yang terjadi saat ini, Desa Layak Anak menjadi ujung tombak perlindungan anak dalam mewujudkan Kabupaten Lumajang Layak Anak. "Kita bangun secara bertahap, sehingga kehadiran kita untuk anak-anak akan memberikan dampak terhadap masa depan yang lebih cerah," ujarnya.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan anak, dr. Rosyidah menjelaskan bahwa Desa Layak Anak sebagai upaya meningkatkan kepedulian dan upaya konkret pemerintah Desa Gesang dan Jokarto, masyarakat dan dunia usaha dalam upaya mewujudkan pembangunan desa yang menjamin hak-hak anak.

"Tujuannya memberikan motivasi kepada desa lain untuk dapat mereplikasi khususnya dalam mewujudkan perlindungan anak yang akan berkontribusi terhadap indikator Kabupaten Lumajang layak anak," jelasnya. 

( Eko )

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama