Peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Jalani Tahapan Akhir

Salah satu peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama saat melakukan presentase makalah dihadapan tim pansel

 

Jawapes, SITUBONDO -  Para peserta seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama akhirnya melaksanakan tahapan akhir, yaitu melakukan presentasi makalah dan wawancara yang diselenggarakan oleh BKPSDM Situbondo, bertempat di lantai 2 Aula Pemkab Situbondo, Jumat (24/9/2021).


Sekda Situbondo Drs. H. Syaifullah, MM., mengatakan adanya presentasi untuk menilai penguasaan materi para peserta dalam penulisan makalahnya, karena sebagai pemimpin harus bisa memetakan masalah hingga mencarikan solusi di dalam organisasinya. Rangkaian penilaian dari seleksi terbuka yang dilakukan oleh tim asesor selama dua hari kemarin, nantinya akan digabungkan dengan penilaian presentasi makalah hari ini sebagai acuan penentu kelolosan peserta. 


"Menanggapi isu kekosongan tujuh jabatan OPD sudah ada orangnya, itu hanya prediksi karena penilaian seleksi lelang terbuka dilakukan secara obyektif," terangnya.


Sementara itu, Dr Fathor Rakhman Kepala BKPSDM Situbondo menerangkan pelakasanaan presentase adalah tahapan lanjutan seleksi terbuka pejabat eselon II, sebelumnya peserta menjalani asessment dan psikotes. Semua peserta memiliki kewajiban membuat makalah untuk di presentasikan dihadapan tim panitia seleksi (pansel), Lalu tim pansel memiliki hak untuk menanyakan secara mendalam isi makalahnya. Tujuannya tim pansel bisa mengetahui kemampuan masing-masing peserta ketika terpilih menjadi pejabat pimpinan tinggi pratama.


"Hari ini ada empat OPD yang diujikan, yaitu DLH, Dinsos, Dinkes dan Satpol PP. Untuk 2 OPD lainnya yaitu Asisten dan BPPKAD dilakukan hari Sabtu Besok, sementara untuk Inspektorat masih disesuaikan waktunya karena ada pejabat dari provinsi," jelasnya.


Mohammad Hasan salah satu peserta seleksi terbuka mengungkapan motivasi mengisi kekosongan tujuh jabatan OPD lingkup Pemkab Situbondo untuk usaha pengembangan karir naik ke eselon II. Ia melamar sebagai kepala Dinas Sosial dengan membahas materi makalah peningkatan kesejahteraan masyarakat miskin melalui pemberdayaan sosial.


"Alhamdulillah saya sudah mengikuti semua tahapan proses seleksi terbuka, mulai dari tes psikologi, asesmen dan wawancara dengan tim pansel. Jadi tinggal menunggu pengumuman," katanya. (Fin/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama