Pembentukan Dan Pelatihan Desa 60 (Suwidak) Tangguh Bencana




Jawapes Banjarnegara - Desa suwidak Kecamatan wanayasa Kabupaten Banjarnegara jawa tengah. Banjarnegara bagian atas tersebut, sangat berpotensi bencana, pada sekitar desember 2020 yang lalu, telah terjadi bencana tanah bergerak yang menimpa dua desa diantaranya desa bantar dan Suwidak, terhadap ancaman risiko bencana. oleh sebab itu BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Banjarnegara gilar~gilar ini mengelar  Pembentukan dan pelatihan Desa Tangguh Bencana (Destana) dikantor balai desa suwidak Jum'at (17/09/2021).

"Mengantisipasi risiko tersebut, kita perlu untuk mengotimalkan peranan dan kesadaran masyarakat terhadap kesiagaan dan kewaspadaan bencana dengan membentuk Desa Tangguh Bencana," ujar Rip Santosa Kades suwidak, saat memberikan sambutan pembukaan Pelatihan Pembentukan Desa Tangguh Bencana ini.


Lebih lanjut Santosa mengatakan Program Desa Tangguh Bencana atau dikenal dengan sebutan singkat (Destana) dan menjadi program  nasional.
"Tujuan dibentuknya Desa Tangguh Bencana ini adalah untuk menciptakan desa yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir Sumber Daya Masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas mereka dan mandiri dalam mengurangi resiko bencana," tuturnya.

"Bencana adalah merupakan masalah besar yang memiliki berbagai kompleksitas permasalahan. Bencana memerlukan penanganan yang bersifat komprehensif dengan melibatkan berbagai pihak, terutama partisipasi warga masyarakat sendiri yang peduli terhadap upaya pengurangan resiko," ungkapnya.

"Pelatihan Pembentukan Desa Tangguh Bencana  desa suwidak ini, akan digelar selama 3 hari, dimulai pada jum'at, sabtu, minggu, september 2021, dimana materi yang di berikan sangatlah berguna untuk menanggulangi bencana," ungkapnya.

Sementara itu memberikan pembentukan, Kepala BPBD Banjarnegara ini juga sekaligus memberikan pelatihan tentang bencana, beserta jajaran BPBD lainya.

Acara ini dihadiri oleh Camat Wanayasa Hartono. SH, Babinsa, Babhinkabtimas, BPBD,RAPI,PMI Perangkat Desa, anggota Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) serta unsur Masyarakat dan para peserta Pelatihan Pembentukan Desa Tangguh Bencana di Desa Suwidak 

(4cong)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama