Disnakertrans Situbondo Adakan Pelatihan Masak Guna Tingkatkan Produktifitas

Kepala Disnakertrans Situbondo saat membuka kegiatan pendidikan dan pelatihan masakan bagi pencari kerja

Jawapes, SITUBONDO - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Situbondo bekerja-sama dengan Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Masakan Bagi Pencari Kerja, bertempat di Aula Kantor Disnaker, Rabu (8/9/2021).


Acara tersebut turut dihadiri Kepala Disnakertrans Situbondo Didik Sulistiyono, SH., M.Si., Anggota Komisi I DPRD Situbondo Ummi Latifah, Kabid Pelatihan Kerja dan Produktifitas Maharani Arkizatul Mamlu',ah, SH., perwakilan PCPI dan para peserta pelatihan.


Kabid Pelatihan dan Produktifitas Disnakertrans Situbondo menjelaskan, kegiatan pelatihan memasak dilaksanakan selama 20 hari dan jumlah peserta 16 orang, warga Kelurahan Mimbaan . Materi pembelajaran fleksibel, maksudnya disesuaikan keperluan peserta dan protapnya tetap ada. Diharapkan usai mengikuti pelatihan mereka lebih produktif, mandiri, terampil dan keahlian memasaknya semakin terasah. 


"Jadi setelah pelatihan, kita akan tetap memonitor dan memberikan pengarahan supaya usaha mereka semakin berkembang dan tidak berhenti ditengah jalan. Apabila ada kendala produktifitas, kita selesaikan secara bersama-sama," jelasnya.


Sementara itu, Bambang selaku Instruktur PCPI mengatakan materi modul pembelajaran yang disampaikan ada masakan Indonesia, eropa dan chinese, tentunya memiliki nilai jual. Jadi para peserta usai mengikuti pelatihan bisa mandiri dalam usahanya, seperti membuka warung dan catering. 


"Ada sekitar 40 menu lebih masakan yang akan diajarkan, tetapi kita juga mensesuaikan permintaan peserta pelatihan. Terkadang mereka ingin diajarkan masakan yang sekiranya mereka tidak paham, jadi kita ikuti dan tidak tergantung dengan modulnya," ungkapnya. (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama