Satgas Covid-19 Kecamatan Besuki Sosialisasikan PPKM Darurat dan Menghimbau Kurangi Mobilitas

Satgas Covid-19 Kecamatan Besuki saat memberikan sosialisasi PPKM Darurat di Desa Belimbing dengan terapkan prokes

Jawapes, SITUBONDO - Antisipasi penyebaran virus corona, Satgas Covid-19 Kecamatan Besuki adakan sosialisasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, salah satunya di Desa Belimbing, Senin (12/7/2021).


Acara tersebut dihadiri langsung Camat Besuki, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kades Belimbing beserta perangkat desa dan perwakilan warga setempat.


Camat Besuki Suriyatno mengatakan adanya situasi perkembangan lonjakan terkonfirmasi kasus Covid-19 dan semakin bertambahnya jumlah yang meninggal dunia setiap harinya, maka diadakan pelaksanaan kegiatan sosialisasi PPKM darurat di wilayahnya yaitu sebanyak 10 desa secara bertahap dan bergiliran. Ia meminta masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan, yakni selalu memakai masker, rajin mencuci tangan gunakan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan serta mengurangi mobilitas. Jadi kalau tidak ada kepentingan mendesak lebih baik warga di rumah saja. Terkait penerapan PPKM darurat di fasilitas tempat umum seperti Alun-alun sudah ditutup, kalau terminal dan pasar pihaknya sudah berkoordinasi dengan koordinatornya, bahkan dalam waktu dekat akan mengagendakan pelaksanaan rapid antigen kepada pedagang pasar khususnya. Kalau misalkan ketersediaan stok rapid antigen mencukupi juga dilakukan hal yang sama kepada pengunjung secara acak.     


"Alhamdulillah di Kecamatan Besuki selama pelaksanaan sosialisasi PPKM darurat tidak ada hambatan, artinya tingkat kedisiplinan dan kesadaran masyarakat sudah mulai cukup tinggi," ungkapnya.


Sementara itu, Edy Hartono selaku Kades Blimbing sekaligus ketua Satgas Covid-19 di desanya menyampaikan siap menerapkan PPKM darurat kepada warga demi kebaikan bersama. Seperti memberikan himbauan kepada warganya agar menghindari kerumunan dan toko atau warung dibatasi maksimal pukul 20.00 Wib sudah ditutup sesuai intruksi pemerintah. Setiap hari Satgas Covid-19 Desa Blimbing melakukan patroli melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada warga setempat.


"Alhamdulillah di Desa Blimbing pelaksanaan penyuntikan vaksinasi Covid-19 berjalan dengan lancar dan terealisasi mencapai 75 persen.  Sudah 2 kali vaksinasi di balai desa yaitu hampir 200 orang. Ini semua berkat kerja-sama yang baik dengan masyarakat," jelasnya. (Fin/Saihu)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama