Kadis Kominfo Situbondo Sebut Itu Hoax, Beredar Pesan 19 Juli Lepas Masker

Pesan gambar latar belakang Pemkab Situbondo lengkap dengan foto Bupati dan Wakil Bupati serta tagar Wes Wayahe Situbondo Bebas Covid-19 dinyatakan hoax

Jawapes, SITUBONDO – Berita bohong atau info hoax adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, namun dibuat seakan-akan benar adanya. Munculnya pesan bergambar yang mengambil latar belakang Pemkab Situbondo lengkap dengan foto Bupati dan Wakil Bupati serta tagar Wes Wayahe Situbondo Bebas Covid-19, ditambah terdapat juga tulisan jika tanggal 19 Juli 2021 lepas masker yang tersebar di media sosial (medsos).


Kadis Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Situbondo Dadang Aries Bintoro memberikan tanggapan saat dikonfirmasi awak media ini, Senin (19/7/2021). Menurutnya bahwa info tersebut tidak benar alias hoax.  Pihaknya meminta agar masyarakat tidak percaya dengan kabar tersebut.


“Terkait penyebaran di medsos pesan bergambar adalah hoax. Pemerintah Kabupaten Situbondo tidak pernah menyebarkan informasi tersebut dan saat ini mengikuti instruksi dari pemerintah pusat," kata Dadang.


Lebih lanjut, Kadis Kominfo menghimbau agar masyarakat untuk tidak ikut menyebar berita bohong atau hoax tersebut. Karena selain dapat menimbulkan keresahan di tengah masyarakat, pelaku penyebar juga bisa terjerat UU ITE. 


"Sebelum pandemi dinyatakan berakhir, Kami menghimbau kepada masyarakat agar terus disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak,  mencuci tangan, memakai masker, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas guna memutus penyebaran mata rantai Covid-19," pesannya. (Tim)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama