Jelang Idul Adha, DPKH Situbondo Terjunkan Tim Monitoring dan Pemeriksaan Hewan Kurban

Tim monitoring dan pemeriksaan DPKH Situbondo saat melakukan pengecekan kondisi kesehatan hewan ternak milik H. Imam Hidayat yang akan di kurban


Jawapes, SITUBONDO - Jelang H-7 Hari Raya Idul Adha, tim monitoring dan pemeriksaan hewan kurban DPKH Situbondo melakukan pengecekan kesehatan hewan ternak yang akan dikurban kepada beberapa pengepul dan peternak yang tersebar di wilayah Situbondo, Rabu (14/7/2021). 


Kabid Keswan dan Mavet DPKH Situbondo Ir. Sulistiyani, M.Si., mengatakan adanya monitoring dan pemeriksaan hewan kurban untuk memastikan dalam kondisi sehat dan layak dikonsumsi. Sejauh ini selama pengawasan dan pemeriksaan kondisi hewan kurban tidak ada yang mengkhawatirkan, namun tadi ada hewan ternak kambing dan domba yang matanya berwarna merah tetapi sudah diobati. Jadi selanjutnya agar dilainkan (karantina) supaya tidak menularkan ke lainnya. Tidak berpengaruh kekualitas daging, hanya saja dari sisi kesehatan diupayakan hewan ternak yang akan di kurban dalam keadaan sehat.


"Alhamdulillah dari hasil monitoring secara umum tidak ada penyakit yang berbahaya sehingga bisa berdampak pada kesehatan manusia saat dikonsumsi. Nantinya kita harapkan tersedia daging kurban yang aman, sehat dan halal," harapnya. (Fit/Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama