Dinas Perikanan Situbondo Sosialisasikan Program SeHAT Kepada 50 Nelayan Warga Gadingan

Kabid Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan Situbondo berikan sosialisasi program SeHAT kepada nelayan

Jawapes, SITUBONDO - Sekitar 50 masyarakat nelayan Desa Gadingan, Kecamatan Jangkar menghadiri acara sosialisasi Sertifikasi Hak Atas Tanah (SeHAT) Nelayan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Situbondo melalui Bidang Pemberdayaan Nelayan bekerja sama dengan BPN Situbondo, Selasa (25/5/2021) balai desa setempat.


Pemerintah berharap melalui program SeHAT dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan, dengan legalisasi dan pemanfaatan aset sebagai pengembangan akses permodalan usaha.


"Sertifikat yang sudah jadi bisa dijaminkan ke bank untuk menambah modal usaha, guna meningkatkan usaha di sektor perikanan tangkap demi kesejahteraan hidup para nelayan," urai Kabid Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan Situbondo Roy Hidayat, S.Pi., M.Si.


Ditambahkan oleh Roy Hidayat bahwa target tahun ini, masyarakat nelayan yang mengajukan pensertifikatan lahan seperti 50 nelayan Desa Gadingan dan 50 Desa Agel bisa keluar di bulan Oktober tahun 2021. Bahkan 75 sertifikat dari Desa Pesisir, Kecamatan Besuki sudah bisa diserahterimakan bulan Juni 2021. 


Sementara Kades Gadingan Suhdi, menyambut baik dan bersyukur adanya program SeHAT di wilayahnya. Karena dapat memberikan kepastian hukum atas status kepemilikan tanah warganya yang berprofesi nelayan. (Fit)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama