Tim Monev PK21 BKKBN Provinsi Jatim Lakukan Sosialisasi Pendataan KB

Tim monev PK21 BKKBN Provinsi Jatim saat melakukan pendataan keluarga berencana ke masing-masing rumah warga

Jawapes, SITUBONDO - BKKBN Provinsi Jatim lakukan monev dan sosialisasi pendataan keluarga berencana selama dua hari yaitu di Desa Kedungdowo gunakan metode smartphone dan di Desa Curah Tatal memakai formulir guna mengamankan data yang sudah diinput oleh kader pendata di masing-masing rumah warga, Selasa (27/4/2021). 


Nurita Kusriantini selaku Tim Monev PK21 perwakilan BKKBN Provinsi Jatim mengatakan data yang sudah dimasukkan dan disimpan oleh kader pendata akan di back up oleh manager data. Terkait pencapaiannya memasuki minggu keempat di Bulan April saat ini sudah lumayan, namun di hari terakhir 31 Mei 2021 diupayakan pendataan keluarga berencana harus sudah selesai. Untuk di Desa Curah Tatal sudah bagus karena metodenya gunakan formulir lebih mudah dibandingkan metode smartphone karena harus banyak pendukung seperti aplikasi handphone dan sinyal jaringan harus baik.


"Terkait pengisian suplemen stunting ada beberapa yang harus di sinkronkan dengan data bidan setempat, karena contohnya kader pendata tidak bisa mengukur sendiri lingkar kepala anak disebabkan butuh pelatihan khusus, jadi yang bisa melakukan hal tersebut adalah bidan serta alatnya memang khusus," terangnya.


Lebih lanjut, BKKBN Provinsi Jatim menitik beratkan pada program keluarga berencana, pembangunan keluarga dan pemberian suplemen tambahan stunting karena sudah ditunjuk oleh Presiden RI sebagai ketua  pelaksana, penanganan dan pencegahan angka stunting.


"Di Desa Curah-Tatal data yang dimasukkan oleh kader pendata sudah melebihi 50 persen dan barusan saya tanya ke supervisior KB bahwa dalam jangka waktu satu minggu kedepan akan selesai," pungkasnya.


Berdasarkan pantauan awak media kegiatan monev dan sosialisasi oleh tim Monev BKKBN Provinsi Jatim dilaksanakan pada hari pertama di Desa Kedungdowo, Senin (26/4/2021) dan hari kedua di Desa Curah Tatal, Kecamatan Arjasa, Selasa (27/4/2021). (Fin)


Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama