Antisipasi Penyebaran Covid-19, Petugas Rutan Kota Agung Jalani Rapid Test


Jawapes Tanggamus - Seluruh petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Kota Agung dijadwalkan untuk menjalani Rapid Test Covid-19 di aula Rutan setempat, Kamis (09/07/20).

Karutan Kota Agung Akhmad Sobirin Sholeh menjelaskan, kegiatan ini dapat terlaksana karena koordinasi yang baik pihak Rutan dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus dan Puskesmas Kota Agung. Rombongan yang terdiri dari 5 orang Tim Medis  diterjunkan langsung ke rutan didampingi oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Basri dan Kepala Puskesmas Kota Agung dr. Benson P.G.

Dalam sambutannya Sobirin menjelaskan bahwa Rutan merupakan wilayah rentan terhadap penyebaran Covid-19, sehingga deteksi dini penyebaran Covid-19 perlu dilakukan sebagai upaya antisipasi mewabahnya virus ini ke warga binaan.


Hal ini disambut baik oleh Basri, mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus ia menyampaikan bahwa langkah-langkah preventif memang sudah seharusnya dilakukan dengan cepat. Terlebih, Rutan Kota Agung memang berada dalam wilyah kerja Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tanggamus yang diharapkan bisa steril dari wabah ini.

“Jika berdasarkan hasil test ternyata ada yang hasilnya reaktif, mohon maaf Pak Karutan nanti akan dilakukan test swab 2 hari berturut-turut dan terpaksa harus diisolasi kan,” jelas Basri.

Menanggapi hal tersebut, Sobirin menegaskan jajarannya siap melaksanakan protokol yang ditetapkan demi menjaga keamanan dan kenyamanan bersama dalam bertugas.


Screening dimulai dengan mendata seluruh petugas untuk di cek suhu tubuhnya, kemudian petugas mengambil sample darah petugas untuk ditest. Hasilnya, sebanyak 30 Petugas dinyatakan non reaktif atau negatif. Sedangkan sisanya sebanyak 5 orang tidak ditest karena sedang dinas luar.

"Alhamdulillah, dengan mengetahui hasil ini Petugas Rutan Kota Agung tidak lagi was-was dalam bekerja. Namun tetap saya ingatkan untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat. Dan untuk petugas yang belum bisa ditest hari ini, segera akan dijadwalkan test ulang setelah kembali berdinas langsung ke Puskesmas Kotaagung," pungkas Sobirin. (Ady)

Pembaca

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama